Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

TAUSIAH RAMADAN GUS BAHA

Gus Baha Jelaskan Soal Zihar, Apakah Itu?

Gus Baha sampaikan Tausiah Ramadhan. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – KH Bahauddin Nursalim atau yang akrab disapa Gus Baha dalam tausiah Ramadan 1442 H PR Sukun menjelaskan tentang Zihar. Tausiah Ramadan itu berlangsung Minggu (2/5/2021) pukul 17.15 WIB, disiarkan langsung melalui kanal YouTube MURIANEWS TV dan PR Sukun.

Dalam ceramahnya, Gus Baha bercerita pada zaman dahulu di zaman rasul ada seorang perempuan yang tidak setuju jika hukum zihar disamakan dengan hak tolak.

“Ada kisah seorang perempuan yang merasa keberatan jika zihar disamakan dengan hak tolak. Akhirnya perempuan itu menemui rasul dan ingin agar ketentuan tersebut tidak disamakan,” katanya, Minggu (2/5/2021).

Keberatan perempuan itu bukan tanpa alasan. Sebab, jika zihar disamakan dengan hak tolak akan membuat status perempuan itu menjadi janda. Sehingga dia akan sulit mencari lelaki lain dan menghidupi anak-anaknya.

Sebab, parasnya sudah tak secantik dulu. Terlebih, dia juga merasa tidak dapat menafkahi putranya jika berstatus sebagai janda.

“Perempuan itu terus meminta agar rasul menyampaikan hal ini kepada Allah SWT. Sehingga dia tidak merasa dirugikan. Namun, saat itu menurut rasul dia belum menerima wahyu. Sehingga peraturan masih sama,” terang Gus Baha lewat ceramahnya.

Lebih lanjut, Gus Baha menjelaskan akhirnya perempuan tersebut pulang dan salat untuk memohon kepada Allah SWT. Singkat cerita akhirnya Allah mendengar dan mengubah ketentuan bahwa Zihar tidak sama dengan hak tolak.

“Akhirnya Allah mendengar doa perempuan itu agar hukum zihar tidak disamakan dengan hak tolak. Dan Allah meng-ACC bahwa zihar tidak sama dengan hak tolak,” pungkasnya.

Tausiah Ramadan Gus Baha ini disiarkan di kanal YouTube MURIANEWS TV dan PR Sukun. Tausiah ini dapat disaksikan setiap hari selama Ramadan pada pukul 17.15 WIB.

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Budi erje

Comments
Loading...