Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Bentuk Program Kudus Gasik, Hartopo: Makam Jangan Jadi Tempat Menakutkan

Hartopo, sulap makam jadi taman. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Bupati Kudus, HM Hartopo menyambangi makam Ploso dan makam Kaliputu, Minggu (2/5/2021) pukul 08.00 WIB. Kunjungan ini dilaksanakan dalam rangka menjalankan kegiatan Program Kudus Gasik.

Program Kudus Gasik, dibuat sebagai salah satu upaya mewujudkan Kudus menjadi lebih cantik. Namun, program ini dilakukan dengan tidak membebani APBD. Sebab, saat ini APBD Kudus, sedang difokuskan untuk penanganan Covid-19.

“Salah satu program Kudus Gasik ini untuk membuat Kudus menjadi lebih cantik. Salah satunya adalah kegiatan penataan makam. Makam jangan sampai jadi tempat yang menakutkan,” katanya kepada MURIANEWS, Minggu (2/5/2021).

Menurut Hartopo, makam lebih baik dijadikan sebagai seperti taman. Terlebih, nanti pada saat moment lebaran, makam akan dikunjungi banyak orang untuk berziarah.

Orang nomor satu di Kudus itu ingin, akses untuk masuk di tiap-tiap makam, baik makam Ploso maupun makam Kaliputu dibuat lebih baik. Sehingga peziarah nyaman ketika berziarah.

“Harapan saya di sini akses masuk dibuat bagus. Misalnya dipaving. Supaya tidak melompati patok. Dan ketika memikul jenazah aksesnya bisa mudah,” terang Hartopo.

Lebih lanjut, Hartopo juga ingin agar kegiatan Kudus Gasik ini dapat terus berkesinambungan. Kegiatan bersih-bersih makam ini diminta dilakukan sebulan sekali, secara rutin.

“Untuk masalah makam yang dikijing, karena belum ada Perdes, maka harus segera dibuat Perdes. Kemudian untuk makam yang sudah tidak pernah diziarahi agar digeser atau dihilangkan. Agar orang yang mau berziarah lebih mudah,” pungkasnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Budi erje

Comments
Loading...