Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Stok Darah AB di Kudus, Hari Ini Tinggal 47 Kantong, Diperkirakan Tak Bisa Sampai Lebaran

Kegiatan donor darah PMI Kudus (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Stok darah AB di Palang Merah Indonesia (PMI) Kudus per hari ini, Minggu (2/5/2021) hanya tersisa 47 kantong. Jumlah itu paling sedikit dibandingkan stok darah jenis lainnya.

PMI Kudus menjelaskan stok darah AB yang tersisa 47 kantong ini kemungkinan tidak akan mencukupi kebutuhan sampai Lebaran nanti. Itu jika tidak ada tambahan donor darah yang didapatkan PMI sebelum Lebaran nanto.

“Stok [darah] AB paling sedikit. Hanya 47 [kantong] dan perkiraan kami tidak bisa sampai lebaran,” kata Humas unit donor darah PMI Kabupaten Kudus, Praptiningsih, Minggu (2/5/2021).

Sementara itu, stok darah yang paling banyak sampai hari ini adalah darah golongan B. Jenis darah ini masih ada stok sampai 107 kantong. Kemudian golongan darah A ada 72 kantong dan golongan darah O ada 64 kantong. Sedangkan golongan darah AB hanya 47 kantong.

Untuk bisa mendapatkan tambahan stok darah, PMI Kudus juga terus mencoba melakukan ‘jemput bola’ di beberapa tempat di Kudus. Dianataranya adalah membuka kegiatan donor darah di Alun-alun Simpang Tujuh Kudus dan GKMI Diponegoro.

“Hari ini jadwal kami ke GKMI Diponegoro jam delapan sampai jam duabelas. Besok Senin, Selasa, dan Rabu ke Simpang Tujuh mulai jam empat sore,” jelasnya.

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Budi erje

Comments
Loading...