Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Ponpes Entrepreneur Kudus Ajari Warga Bikin Kue Lebaran

Peserta berlatih membuat kue lidah kucing dan nastar di BLK Pondok Pesantren Entrepreneur Al Mawaddah Kudus. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Pondok Pesantren Entrepreneur Al Mawaddah melalui Balai Latihan Kerja Komunitas (BLKK) Al Mawaddah menggandeng warga Kudus untuk berlatih membuat kue Lebaran. Outputnya agar warga bisa membuat kue untuk dijual di momen lebaran tahun ini.

lokasi pelatihan masih satu tempat dengan pondok pesantren di RT 06, RW 01, Desa Honggosoco, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus. Ada belasan peserta yang mengikuti pelatihan ini.

“Supaya peserta bisa membuat kue untuk dijual di momen lebaran tahun ini. Kami memilih menu nastar dan lidah kucing karena paling diminati. Selain itu bahannya mudah,” kata Farida Ulyani, instruktur pelatihan kue BLKK Al Mawaddah, Sabtu (1/5/2021).

Sementara itu, Ketua BLKK Al Mawaddah Kudus Khodijah mengatakan, target pelatihan yakni peserta bisa langsung mendapatkan order kue Lebaran.

“Sehingga bisa memiliki UMKM sendiri. Atau bisa buat katering juga. Alumni pelatihan yang sebelumnya juga ada yang punya bakery dan catering sendiri,” terangnya.

Lebih lanjut, menurut dia, selain diberi pelatihan, peserta juga diajari menghitung bahan baku dan jumlah penjualan produk. “Intinya peserta nanti bisa langsung take action,” imbuhnya.

Sementara itu, salah seorang peserta pelatihan asal Kudus Nungky Ionita mengatakan keinginannya mengikuti pelatihan karena ingin menambah skill. Selain itu ingin membuka usaha sendiri.

“Supaya punya bekal untuk membuka usaha. Sebelumnya saya juga sudah wirausaha jualan puding dan kue basah. Saya pasarkan online dan titipkan ke warung,” imbuhnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...