Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Peringati Nuzulul Quran, Mantan Bupati Jepara Marzuki Ceramahi Napi di Kedungpane

Mantan Bupati Jepara Ahmad Marzuki sedang berceramah di Lapas Kelas I Kedungpane Semarang. (Humas Kedungpane)

MURIANEWS, Semarang – Mantan Bupati Jepara Ahmad Marzuki menjadi penceramah di hadapan para nara pidana (napi) di Lapas Kelas I Kedungpane Semarang. Ceramah kali ini merupakan peringatan Nuzulul Quran.

Seperti diketahui, sejak Marzuki menjadi warga binaan, ia sering memberi ceramah keagamaan dalam lapas. Dalam kesempatan malam tadi, Marzuki menyampaikan sejumlah hal tentang makna dan hakikat terjadinya Nuzulul Quran.

“Hakikatnya Nuzulul Quran merupakan hal penting yang harus diketahui umat Islam agar menambah keteguhan iman kepada kitab Allah SWT berupa Alquran. Tetapi jauh lebih penting adalah bagaimana menjadikan Alquran sebagai petunjuk dan pedoman dalam kehidupan manusia,” tutur Ustadz Marzuki, Kamis (29/4/2021) malam.

Marzuki mengungkapkan, Allah SWT menurunkan Alquran pada malam Lailatul Qodar yang jatuh di malam-malam ganjil. Pada malam-malam itu, seluruh doa akan dikabulkan.

Kalapas Semarang, Supriyanto melalui Kepala Seksi Bimbingan Kemasyarakatan Andi Rahmanto mengatakan, bahwa Lapas Semarang memang menargetkan Khatam Alquran lebih dari satu kali dalam Ramadan tahun ini sehingga kajian rutin dilakukan setelah salat zuhur dan asar.

Selain itu, ada pula pesantren Ramadan dengan berbagai materi. Pesantren Ramadan merupakan salah satu wujud pembinaan dan pelaksanaan hak asasi manusia.

Alhamdulillah sudah banyak perkembangan yang ditunjukan oleh para santri. Khatam Alquran hanya salah satunya saja,” ungkap Andi sapaan akrabnya.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...