Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Erupsi Kawah Sileri Dieng Kena Pengendara, BPBD Banjarnegara Pastikan Tak Ada Korban Jiwa

Kawah Sileri di Desa Kepakisan, Dieng, Jawa Tengah, meletus setinggi 50 meter, pada Minggu (2/7/2017). (Suara.com)

MURIANEWS, Banjarnegara – Kawah Sileri yang berada di dataran tinggi Dieng, Desa Kepasisan, Kecamatan Batur, Banjarnegara, erupsi Kamis (29/4/2021) pukul 18.30 WIB. Akibatnya, material kawah menyembur keluar hingga mengenai pengendara jalan.

Semburan dari erupsi freatik berupa lumpur dingin dan batu ke arah selatan diperkirakan mencapai 400 meter. Bahkan jalan penghubung banjar-batang juga sempat terkena semburan.

Beberapa pengendara dilaporkan ada yang terkena semburan lumpur dan batu batu dari kawah. Meski begitu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara, memastikan tidak ada korban jiwa dalam kejadian erupsi freatik di Kawah Sileri di Kawasan Dataran Tinggi Dieng tersebut.

“Korban jiwa nihil, hanya ada satu motor dan satu mobil terkena lumpur namun pengemudinya selamat dan dalam kondisi baik,” kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Banjarnegara, Andri Sulistyo seperti dikutip dari Suara.com.

Kendati demikian, kata dia, BPBD Banjarnegara mengimbau warga untuk tidak melintas di sekitar lokasi kejadian hingga kondisinya memungkinkan.

Dia mengatakan BPBD Banjarnegara akan menyosialisasikan mengenai imbauan agar warga tidak melintas di sekitar lokasi kejadian.

“Tim gabungan dari berbagai unsur, untuk sementara waktu ini juga telah memasang rambu-rambu mengenai pengalihan jalur,” katanya.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Suara.com

Comments
Loading...