Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Menteri KKP Kunjungi Jepara, Dorong Milenial Dongkrak Ekonomi Rakyat

Menteri KKP melihat benih udang di BBPBAP Jepara. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI mengunjungi Balai Besar Perikanan Budidaya Air Payau (BBPBAP) Jepara. Dari kunjungan itu, pihak kementerian melihat ada peluang besar bagi generasi milenial untuk ikut andil membangkitkan ekonomi.

Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono menyatakan, generasi milenial mesti kreatif dan inovatif. Dalam kesempatan itu, dirinya bertemu dengan puluhan milenial dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia yang sedang belajar budi daya ikan.

Salah satu yang istimewa dari belajar mereka adalah membudidayakan ikan dan udang dengan menerapkan teknologi mutakhir. Selama beberapa bulan, mereka belajar dalam program tambak udang milineal (milenial shrimp farming).

“Saya yakin milenial memiliki kreativitas tinggi. Sehingga mereka dapat berkontribusi melalui riset-riset ilmiah. Salah satunya menciptakan pakan alternatif,” jelas Trenggono.

Sementara itu, Kepala BBPBAP Jepara Sugeng Raharjo menyampaikan, terdapat beberapa inovasi yang telah dilakukan di tambak milenial Jepara.

Pihaknya menyebutkan, terdapat 29 buah kolam berdiameter 20 meter di area balai. Tambak-tambak ini bahkan sudah berhasil panen, di mana panen parsial pertama dilakukan awal bulan ini. Hasilnya mencapai empat ton udang vaname.

“Di antarannya, kolam tambak milenial didesain dengan sistem otomatis, mulai dari pemberian dengan sistem automatic feeder, alat kincir yang bisa dikontrol dari jauh, pemantauan kualitas air juga telah menggunakan alat sehingga bisa dikontrol dari jauh, serta pengamatan kolam juga sudah menggunakan CCTV,” ungkapnya.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...