Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Babi Ngepet di Depok Ternyata Karangan Orang Pingin Tenar, Kini Ditangkap Polisi

Ustaz Adam Ibrahim jadi tersangka hoax babi ngepet di Depok. (Bagus/detikcom)

MURIANEWS, Depok – Kabar babi ngepet yang ditangkap di Depok, Jawa Barat ternyata bohongan belaka atau hoak. Kebohongan itu terungkap setelah Ustaz Adam Ibrahim ditangkap polisi.

Ustaz berusia 44 tahun tersebut tertangkap basah menyebarkan berita bohong dan sengaja membuat isu babi ngepet di daerahnya supaya terkenal.

Baca: Geger Babi Ngepet Ditangkap di Bedahan Depok: Akan Dibunuh Jika Tak Ada yang Ngaku

“Kami sampaikan semua yang sudah viral tiga hari sebelumnya itu adalah hoaks, itu berita bohong. Kejadiannya tidak seperti apa yang diberitakan,” ujar Kapolresta Depok, Kombes Imran Siregar seperti dilansir Detik.com, Kamis (29/4/2021).

Rekayasa yang dilakukan Ustaz Adam ini bermula ketika dia mendapat laporan dari sejumlah warga yang kehilangan uang. Dari situlah, pelaku mulai berpikiran untuk membuat isu babi ngepet di Depok.

“Cerita ini berawal dengan adanya cerita masyarakat sekitar merasa kehilangan uang Rp 1 juta, ada yang Rp 2 juta. Tersangka ini bekerja sama dengan kurang lebih delapan orang, mengarang cerita tersebut. Seolah-olah babi ngepet itu benar. Ternyata itu rekayasa tersangka dan teman-temannya,” tambah Imran.

Pihak kepolisian juga mengatakan pelaku memesan babi tersebut melalui online dari pecinta binatang.

Baca: Viral! Ibu Muda Ini Ngaku Tahu Siapa Sosok Babi Ngepet di Depok

Adapun motif pelaku menyebarkan kabar hoaks adanya babi ngepet di Depok adalah ingin terkenal. Apalagi pelaku adalah tokoh agama di lingkungan tempat tinggalnya.

“Tujuan mereka supaya lebih terkenal di kampungnya. Karena ia merupakan salah satu tokoh lah. Tapi tidak terlalu terkenal. Tokoh masyarakat saja ya, majelisnya enggak juga sih,” jelas Imran.

Sementara kebohongan Ustaz Adam itu diketahui setelah pihak kepolisian dari Polsek Sawangan mendatangi lingkungan RT 2/4 Bedahan, Sawangan, Kota Depok, Rabu (28/4/2021).

Polisi menemui Ustaz Adam dan warga sekitar. Mereka berbincang soal babi itu.

Baca: Viral Anak Driver Online Meninggal Usai Makan Takjil Misterius, Ternyata Begini Kronologi Lengkapnya

Polisi bersama Ustaz Adam dan sejumlah warga lainnya berjalan kaki ke sebuah perkebunan tak terpakai. Ternyata perkebunan itu merupakan tempat bangkai hewan diduga babi ngepet itu dikubur.

“Saya juga kurang tahu, baru tahu ini (bangkai babi) dipindahkan,” ujar Ustaz Adam kala itu.

Seorang warga yang membawa cangkul kemudian menggali tanah dan sekantong plastik warna merah diangkat. Di balik plastik warna itu terbungkus dan terlihat badan serta kepala babi yang kemarin dibunuh.

Baca: Diduga Tipu Pembeli Album K-Pop Hingga Ratusan Juta, Pelajar Sukoharjo Viral di Twitter

Akhirnya petugas memeriksa Ustaz Adam atas kejanggalan tersebut hingga akhirnya terbongkar.

Atas perbuatannya tersebut, Ustaz Adam Ibrahim dijerat Pasal 14 ayat 1 dan 2 UU Nomor 1/1946 dengan ancaman kurungan maksimal 10 tahun penjara.

“Barang siapa, dengan menyiarkan berita atau pemberitahuan bohong, dengan sengaja menerbitkan keonaran di kalangan rakyat, dihukum dengan hukuman penjara setinggi-tingginya sepuluh tahun,” bunyi pasal tersebut.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Detik.com

Comments
Loading...