Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Tiga Pos Pengamanan Lebaran Dipersiapkan, Polres Kudus Siagakan Ratusan Personel

Pos pengamanan Lebaran yang didirikan Polres Kudus bekerja sama dengan PR Sukun. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Kepolisian Resor Kudus menyiapkan tiga pos pengamanan (pospam) Lebaran 2021 di sejumlah titik lokasi strategis. Ketiga lokasi tersebut yakni Pospam terpadu di pusat Kota Kudus, Terminal Jati, dan di SPBU Karawang, Jekulo.

Kapolres Kudus AKBP Aditya Surya Dharma mengatakan,  pendirian pospam memang sudah mulai.  Namun pospam tersebut akan mulai aktif pada H-7 sampai H+7 Lebaran.

Pihaknya juga akan mengerahkan ratusan personel untuk melakukan pengamanan. Petugas gabungan dari sejumlah instansi lain pun juga akan turut melakukan pengamanan.

“Dari personel Polres Kudus ada 266 anggota. Ditambah ada juga petugas gabungan seperti TNI, Satpol PP, Dishub dan instansi lain,” katanya, Kamis (29/4/2021).

Sejumlah lokasi rawan gangguan keamanan, ketertiban masyarakat (kamtibmas) atau tindak kriminalitas juga akan menjadi perhatian khusus para personel yang melaksanakan pengamanan secara mobile.

“Selain petugas yang siaga di pospam, kami juga menyiapkan personel mobile di lokasi-lokasi rawan,” ucapnya.

Sementara penyekatan mudik, lanjut dia, sudah ada 14 titik di perbatasan yang dilakukan penjagaan ketat masuk wilayah Jawa Tengah. “Kami yang didaerah sifatnya  hanya perimbangan saja, ” ujarnya.

Pihaknya juga akan melakukan antisipasi dini kepada para pemudik yang lebih awal, dengan mengoptimalkan peran Bhabinkamtibmas, Polsek jajaran, untuk bisa mendata pemudik yang dari luar daerah.

Pihaknya juga akan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan atau Gugus Tugas untuk melakukan pengecekan kondisi kesehatannya

“Akan kami lakukan tracking, testing dan treatment kepada pemudik yang sudah pulang. Ini sudah ada laporan mulai sepekan lalu ada beberapa orang pemudik yang datang, di Dawe dan Kaliwungu.  Sudah ditest antigen, alhamdullah hasilnya sampai saat ini negatif, ” ungkapnya.

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro juga akan terus digencarkan. Agar bisa terus menekan angka penyebaran Covid -19. “Sampai saat ini PPKM mikro sangat efektif untuk menekan laju Covid -19,” pungkasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...