Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Bupati Kudus Dorong Perusahaan Cairkan THR Tepat Waktu

Bupati Kudus HM Hartopo. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Bupati Kudus HM Hartopo mendorong semua perusahaan di Kota Kretek untuk mencairkan tunjangan hari raya (THR) kepada karyawan tepat waktu.

Atau setidaknya H-7 sesuai aturan Surat Edaran (SE) Nomor M/6/HK.04/IV/2021 tentang Pelaksanaan Pemberian Tunjangan Hari Raya Keagamaan Tahun 2021 bagi Pekerja/Buruh di Perusahaan dari Menteri Ketenagakerjaan. “Hak-hak tiap karyawan harus diberikan seluruhnya,” ujar Hartopo, Kamis (29/4/2021).

Pihaknya pun mewanti-wanti perusahaan agar tidak membohongi karyawan dan harus sesuai dengan perjanjian antara karyawan dan perusahaan.

“Ya sesuai perjanjian saja, kami yakin tiap perusahaan punya manajemennya masing-masing,” ujarnya.

Dinas Dinas Tenaga Kerja Perindustrian, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Kudus, tambah Hartopo, juga diminta untuk turut menyosialisasikan surat edaran dari Menteri Tenaga Kerja terkait pembayaran THR.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Perindustrian, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Kudus Rini Kartika Hadi Ahmawati mengatakan pihaknya telah menyosialisasikan peraturan tersebut pada perusahaan-perusahaan di Kudus.

Baca: Perusahaan Rokok di Kudus Mulai Cairkan THR, Djarum Keluarkan Rp 106 Miliar

Sejauh ini, sambung dia, semua perusahaan yang telah disosialisasi menyatakan kesanggupannya untuk membayar THR paling lambat H-7 Lebaran.

“Mereka menyanggupi, perusahaan sampai saat ini tidak ada yang keberatan membayarkan THR ke karyawan-karyawannya,” kata dia via sambungan telepon.

Walau demikian, pihaknya tetap akan membuka layanan aduan untuk para karyawan yang merasa dirugikan perusahaan karena permasalahan THR. Posko tersebut pun akan dibuka mulai H-7 menjelang Lebaran.

“Kami akan buka saat itu di jam kerja, sehingga para pekerja bisa mengadukan keluhannya kepada kami untuk kami jembatani penyelesaian masalahnya,” jelas Rini.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...