Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Dewan Desak Disdikpora Kudus Segera Cairkan BOS Daerah untuk Gaji Guru Non-PNS

Wakil Ketua Komisi D DPRD Kudus Muhtamat. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Kudus – Wakil Ketua Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kudus Muhtamat mendesak Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kudus untuk segera mencairkan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Daerah.

Pasalnya, anggaran dari BOS daerah tersebut sangat berperan penting bagi biaya operasional sekolah di tingkat sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP).

“Terlebih di masa pandemi seperti ini, sekolah sulit mendapatkan anggaran, kami dorong Disdikpora untuk segera mencairkan BOS daerah,” kata Muhtamat, Kamis (29/4/2021).

Belum cairnya BOS daerah tersebut, kata Muhtamat, juga turut memengaruhi honor guru nonPNS yang ada di sekolah-sekolah negeri maupun swasta.

Oleh karena itu pihaknya mendesak instansi terkait untuk segera mencairkannya. Terlebih, sambung dia, Disdikpora kini telah memiliki kepala dinas yang definitif. Sehingga prosesnya seharusnya bisa lebih cepat.

“Jadi kami harapkan mereka segera mengajukan pencairan,” tegas dia.

Sementara Kepala Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Eko Djumartono mengungkapkan bahwa BOS daerah sebenarnya sudah bisa dicairkan.

Hal tersebut, lanjut Eko, juga telah disampaikan kepada Disdikpora Kudus. “Silahkan cairkan saja, tidak ada kendala apa-apa untuk pencairan ini,” ucap Eko.

Anggaran tersebut, kata dia, memang direncanakan terkena refocusing. Namun, khusus untuk kebutuhan yang krusial seperti ini tentunya tidak perlu menunggu keputusan seberapa besar anggaran tersebut direfocusing.

Nominl BOS daerah untuk SD sendiri, sambungnya, adalah sebesar Rp 12,86 miliar. Sementara anggaran untuk SMP, adalah sebesar Rp 9,15 miliar.

“Sepanjang ada surat perintah mencairkan (SPM) dari Disdikpora Kudus kami siap mencairkan,” tandasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...