Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Terguling, Truk Tangki Berisi Enam Ribu Liter Minyak Sayur di Pekalongan Diserbu Warga

Warga berebut tumpahan minyak dari truk tangki terguling. (Foto: Robby Bernardi/detikcom)

Kabupaten Pekalongan – Kecelakaan tunggal dialami truk bernopol W 8465 UQ di Jalan Pantura Sipait, Siwalan, Pekalongan, Kamis (29/4/2021) dini hari. Truk bermuatan enam ribu liter minyak sayur itu terguling setelah menabrak pembatasan jalan.

Berdasarkan data yang dihimpun, kecelakaan nahas itu terjadi setelah sang sopir menghindari mobil yang memutar arah tanpa sign. Tak ada korban jiwa dalam kecelakaan ini. Namun, enam ribu liter minyak sayur tumpah ke drainase dan jalanan.

Tak pelak, banyak warga setempat beramai-ramai mengambil tumpahan minyak sejak pukul 02.30 WIB hingga pagi. Bahkan, dari pengakuan salah seorang warga, dirinya telah mondar mandir dari rumah ke loaksi sebanyak tiga kali.

“Mengambil minyak, ya totalnya bisa sampai 60 liter, bolak-balik tadi. Rencana untuk digunakan sendiri, ada juga dijual kembali,” kata seorang warga Sipait, Siwalan, Pekalongan seperti dikutip Detik.com.

Ia tidak sendiri, puluhan warga juga ikut mengambil minyak yang tumpah. Semakin siang waga semakin banyak. Walaupun minyak bercampur pasir atau di jalan, warga tetap nekat mengumpulkan ceceran minyak sayur tersebut.

“Ngumpulin minyak sudah tiga kali bola balik ke rumah. Sekali angkut sekitar 10 liter,” kata warga lainnya. “Ya kita saring dulu biar bersih dan kita masak sebelum digunakan,” lanjutnya.

Warga menggunakan galon air minum untuk mengambil minyak yang tumpah. (Facebook/Gawang Jati Dwipa Paksi)

Sementara itu, pengemudi truk tangki yakni Edi Susilo (38) warga Desa Semboja, Tulis Batang, mengaku sebelum kecelakaan terjadi, dirinya menghindar sebuah mobil yang memutar arah tanpa memberikan lampu sign.

“Muatan minyak dari Semarang menuju Semarang. Tadi sebelum terguling, ada mobil yang memutar mendadak, tanpa sign, saya banting ke kanan menabrak pembatas dan terguling,” jelas Edi.

Kanit Laka Satlantas Polres Pekalongan Ipda Maman Sugi, saat ditemui detikcom, mejelaskan, peristiwa kecelakaan terjadi pada pukul 02.00 wib. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Hanya saja, muatan truk berupa minyak, tumpah ke jalanan.

“Kita masih meminta keterangan pengemudi, dugaan pengemudi mengantuk. Saya meminta warga untuk tidak mengambil muatan truk yang tumpah. Tadi kita Hakau juga warganya,” kata Ipda Maman Sugi.

Akibat peristiwa ini, arus lalulintas di loaksi, diberlakukan contraflow. “Ya kita berlakukan contraflow menggunakan jalan di sisi Utara. Akan segera kita evakuasi dan kita bersihkan ruas jalan,” jelasnya.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Detik.com

Comments
Loading...