Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Dua Pencuri di Kudus Diringkus Polisi Saat Pesta Sabu, Dijerat Pasal Berlapis

Dua pelaku pencurian (depan) yang diringkus Polres Kudus. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Dua pencuri yang sering beraksi menyatroni rumah yang tengah ditinggal penghuninya di Kudus diringkus polisi. Pelaku diketahui berinisial ON, dan WH yang merupakan warga Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Ironisnya, kedua pelaku itu diringkus polisi saat tengah melakukan pesta sabu di Desa Pasuruhan Lor, Kecamatan Jati, Kudus, Rabu (21/4/2021) lalu.

Selain kedua pelaku, polisi juga masih memburu satu pelaku lain berinisi KR yang saat ini masih buron.

Kapolres Kudus AKBP Aditya Surya Dharma mengatakan, mereka beraksi di dua lokasi rumah yang berbeda. Lokasi pertama di sebuah rumah di Desa Glagah Kulon, Kecamatan Dawe,  Kudus pada 5 April 2021.

Sedangkan, lokasi kedua sebuah rumah di Desa Bulungkulon, Kecamatan Jekulo, Kudus pada 20 April 2021.

“ON beraksi di dua TKP, yakni Dawe dan Jekulo. Saat mencuri di Dawe, ON mengajak KR yang kini masih buron. Dan di Jekulo ON beraksi dengan WH, dua tersangka itu kami amankan saat melakukan pesta sabu, ” katanya, Rabu (28/4/2021).

Mereka beraksi dengan modus meminta sumbangan untuk pembangunan gedung asrama anak yatim. Namun, saat mendapati rumah yang ditujunya kosong, pelaku melancarkan aksinya.

“Begitu tahu rumah kosong, kemudian pelaku mencukil pintu rumah dan mengambil barang-barang berharga,” ungkapnya.

Di kedua lokasi, pelaku berhasil menggasak sejumlah perhiasan emas, uang tunai, HP, laptop, dan surat- surat kendaraan.  Dengan kerugian total mencapai puluhan juta rupiah.

“Di lokasi pertama, kerugian ditaksir mencapai Rp 60 juta. Dan dilokasi kedua kerugian ditaksir mencapai Rp 33 juta, ” jelasnya.

Selain mengamankan pelaku, polisi juga berhasil mengamankan sejumlah barang bukti berupa sebuah HP, sepeda motor, helm, dompet, tiga BPKB serta dua buah KTP atas nama korban pencurian. Polisi juga mengamankan  satu paket sabu, bong, pipet plastik dan kaca, korek api, serta hasil urin milik dua pelaku.

Kedua pelaku dijerat dengan pasal berlapis. Yakni Pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman 7 tahun. Dan Pasal 112 ayat (1) jo Pasal 132 ayat (1) UU nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman 4 tahun kurungan penjara. “Kedua pelaku dikenakan pasal berlapis, ” pungkasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...