Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Target Pengedar Narkoba di Jepara: Kalangan Milenial Hingga Pelosok Desa

Kepala BNN Provinsi Jateng Brigjen Pol Benny Gunawan memberikan keterangan kepada awak media. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Penyebaran narkotika di Bumi Kartini semakin memprihatinkan. Bahkan, kini penyebarannya sudah menyasar generasi milenial dan masyarakat di desa-desa di Kabupaten Jepara.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jawa Tengah Brigjen Pol Benny Gunawan, Rabu (28/4/2021). Pihaknya menyebutkan, tren penyebaran narkotika di Jepara sudah menyasar warga usia 30 tahun ke bawah atau generasi milenial.

“Sekarang yang disasar malah kaum milinel dengan usia di bawah 30 tahun,” katanya.

Ia menilai, penyebab mudahnya generasi milineal terjerumus dalam penyalahgunaan narkotika, adalah karena banyak dari mereka yang stres. Bisa jadi karena mereka kehilangan pekerjaan.

Sehingga mereka mencari pelampiasan dengan mencoba-coba memakai narkotika namun ketagihan.

Bukan hanya generasi milenial, lanjut Benny, pengedar narkoba juga menyasar masyarakat di desa-desa. Itu terbukti dari penangkapan jaringan pengedar yang sedang bertransaksi di Benteng Portugis bulan Maret lalu.

“Sasarannya masyarakat desa yang jauh dari kota. Terutama mereka yang tidak begitu paham dengan narkotika,” ujar Benny.

Baca: 101 Gram Sabu Senilai Rp 1,3 Miliar Gagal Diedarkan di Jepara, Dua Pelaku Disergap BNN Jateng

Ditanya terkait modus pengedaran, Benny mengungkapkan bahwa pengedar narkoba di Jepara biasanya hanya menjadi kurir. Mereka disuruh oleh pengendali yang berada di dalam atau luar Jepara.

Benny menambahkan, jumlah pengedar yang terus bertambah tidak lepas dari situasi pandemi Covid-19 yang tak berkesudahan. Pihaknya menilai, para pengedar tersebut ingin mendapatkan uang dengan gampang.

“Di situasi pandemi seperti ini, menjadi kurir narkoba dianggap mata pencaharian yang instan. Mereka ingin dapat uang cepat. Tidak terlalu capek-capek jadi kurir,” terang Benny.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...