Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Jokowi Reshuffle Kabinet Sore Nanti, Ini Bocoran Menteri Baru yang Akan Dilantik

Presiden Indonesia, Joko Widodo. (Setkab RI)

MURIANEWS, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan akan melakukan reshuffle sekaligus pelantikan menteri baru Kabinet Indonesia Maju. Rencananya, pelantikan akan digelar di Istana Negara, Rabu (28/4/2021) sore nanti.

Dikutip dari Detik.com, akan ada dua menteri dan satu kepala badan yang bakal dilantik. Daru dua menteri tersebut ada satu nama yang menjadi menteri baru Jokowi. Dia adalah Bahlil Lahadalia yang didapuk sebagai Menteri Investasi. Sebelum ini, Bahlil menjabat Kepala BKPM.

Sementara, satu nama lainnya adalah Nadiem Makarim yang akan menjabat sebagai Mendikbud-Ristek. Kementerian yang akan dipimpin Nadiem ini merupakan penggabungan antara Kemendikbud dan Kemenristek/BRIN.

Dengan dua nama tersebut, nama Bambang Brodjonegoro dipastikan hilang dari Kabinet Indonesia Maju. Bambang sebelumnya menjabat Menristek/Kepala BRIN.

Sedangkan untuk kepala badan yang akan dilantik adalah Laksana Tri Handoko yang ditunjuk sebagai Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN)

Selain itu, Jokowi direncanakan melantik anggota Dewan Pengawas (Dewas) KPK pengganti Artidjo Alkostar, yang telah berpulang beberapa waktu lalu. Indriyanto Seno Adji dikabarkan bakal mengisi posisi tersebut.

Pelantikan menteri dan kepala BRIN ini dilakukan setelah penggabungan Ristek dan Kemendikbud disetujui DPR. Selain itu, DPR menyetujui pembentukan Kementerian Investasi. Surat persetujuan itu pun sudah dikirim ke Presiden Jokowi.

“Sudah (teken surat persetujuan),” kata Sekjen DPR RI Indra Iskandar saat dimintai konfirmasi, Selasa (26/4/2021).

Surat persetujuan dari DPR RI yang dikirim ke Presiden Jokowi itu diteken oleh Ketua DPR RI Puan Maharani. DPR menyampaikan surat persetujuan itu ke Presiden melalui Sekretariat Negara (Setneg).

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Detik.com

Comments
Loading...