Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Bea Cukai Kudus Gagalkan Rokok Selundupan Bermodus Kirim Bahan Makanan

Petugas Bea Cukai memeriksa muatan berisi rokok ilegal di sebuah truk tronton. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Kudus – Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) Kudus kembali mengungkap pendistribusian rokok ilegal berkedok distribusi kebutuhan pokok dan makanan.

Rokok sebanyak 600 ribu batang tersebut, dimasukkan ke dalam truk tronton, dan ditutupi dengan kebutuhan pokok serta makanan.

Kepala Bea Cukai Kudus Gatot Sugeng Wibowo menuturkan, pengungkapan penyelundupan rokok ilegal tersebut berdasarkan aduan dari masyarakat sekitar. Pihak Bea Cukai kemudian melakukan pengintaian.

“Kami lakukan penyisiran di jalan raya Kudus-Semarang, kami kantongi ciri-cirinya, kemudian kami temukan truk dengan ciri-ciri tersebut,” kata Gatot, Rabu (28/4/2021).

Truk tersebut lanjut Gatot, ditemukan sedang berjalan di Jalan Raya Kudus-Semarang, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak. “Kami kemudian segera menghentikan truk untuk dilakukan pemeriksaan,” ungkapnya.

Hasil pemeriksaannya, kata Gatot, didapati rokok ilegal sebanyak 33 koli dengan jenis sigaret kretek mesin (SKM). Rokok tersebut, juga dilekati pita cukai palsu.

“Semua barang bukti baik berupa rokok ilegal maupun kendaraan pengangkut rokok kami bawa untuk pemeriksaan lebih lanjut,” jelas dia.

Dari pengungkapan itu sendiri,nilai barang yang disita adalah sebesar Rp 612 juta. Sementara potensi kerugian negara yang berhasil diselamatkan adalah sebesar Rp 402,19 juta.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...