Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Masuk Rumah, Dua Ular Kobra Sepanjang Satu Meter Gegerkan Warga Klaten

Salah satu ular kobra yang dievakuasi dari rumah warga di Klaten. (Foto: Dok. RCTD Klaten)

MURIANEWS, Klaten – Warga Dusun Jetis, Desa Tulas, Kecamatan Karangdowo, Klaten dihebohkan dengan temuan dua ekor ular kobra, Rabu (28/4/2021) dini hari. Ular berbisa itu bahkan sempat masuk rumah hingga membuat penghuninya ketakutan.

Joko Supriyanto, warga setempat mengatakan, dua ular kobra tersebut memiliki panjang lebih dari satu meter. Selain itu, kulitnya juga sudah hitam mengkilap. Dengan tanda-tanda itu, ia yakin ular tersebut sudah dewasa dan sangat berbahaya saat menyerang orang.

Baca: Enam Ular Piton Teror Warga Gedong Jetis Klaten, Masuk Rumah dan Langsung Dibunuh

“Bukan anakan lagi, sudah kobra dewasa. Panjangnya lebih dari satu meter,” katanya seperti dikutip Detik.com, Rabu (28/4/2021) pagi.

Diceritakan Joko, ular berbisa tersebut masuk ke rumah Prasetyo. Karena ketakutan, pemilik rumah kemudian melaporkan kepadanya untuk minta dibantu evakuasi karena khawatir.

“Adanya ular itu dilaporkan ke saya sekitar pukul 23.30 WIB, Selasa (27/4) malam. Lalu saya koordinasi dengan relawan RCTD (Reaksi Cepat Tanggap Darurat),” imbuh Joko.

Baca: Geger! Pemuda di Klaten Meninggal dengan Sayatan di Leher

Setelah itu, lanjut Joko, evakuasi dilakukan manual. Ular kobra ditemukan bersembunyi di gudang rumah.

“Ular dua ekor ditemukan di gudang, kita evakuasi. Padahal ini tidak awal musim hujan masa ular menetas tapi mungkin karena rumah dekat sungai,” papar Joko yang juga relawan RCTD.

Penasihat Relawan Reaksi Cepat Tanggap Darurat (RCTD), Eko Santosa menjelaskan laporan masuk hampir tengah malam. Dikhawatirkan membahayakan langsung dievakuasi.

Baca: Jemaah Positif Covid-19 Bertambah Jadi 15 Orang, Dua Masjid di Klaten Ternyata Sering Jadi Ampiran Sopir Antarkota

“Kita langsung evakuasi sampai pukul 01.00 WIB dini hari tadi. Ditemukan dua ekor kobra dewasa,” jelas Eko

Dikatakan Eko, ular posisinya di gudang dan bersembunyi di lubang tanah di dalam rumah. Untuk mengeluarkan disiram air lebih dahulu.

“Kita keluarkan semua barang, kita siram air tiga ember akhirnya keluar dan bisa diamankan. Lokasi rumah di tepi sungai memungkinkan ada ular,” lanjut Eko.

Eko mengatakan bahwa kemungkinan masih ada ular kobra yang lain karena posisi rumah berada di tepi sungai.

“Karena di tepi sungai bisa jadi masih ada ular lainnya. Kalaupun ada, ukurannya mungkin sama sebab ular menetas biasanya tidak cuma satu dua ekor saja,” pungkas Eko.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Detik.com

Comments
Loading...