Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Kudus Tunggu Jatah Formasi CPNS dan PPPK di tahun 2021

Apel ASN Pemkab Kudus. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus hingga kini masih menunggu alokasi dari pemerintah pusat terkait kuota pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2021 ini.

Pihak pemkab sendiri, telah mengajukan alokasi kebutuhan pegawai ke pemerintah pusat. Yakni sebanyak 531 lowongan.

“Jumlah tersebut terdiri dari 29 PNS dan 502 sisanya adalah lowongan PPPK,” ucap Kepala Bidang Pengembangan, Pendidikan dan Pelatihan Pegawai pada Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Hendro Muswinda, Rabu (28/4/2021).

Untuk CPNS sendiri, kebanyakan terdiri dari jabatan fungsional. Sementara usulan formasi PPPK kebanyakan terdiri dari tenaga pendidik, tenaga teknis, dan kesehatan.

Hendro mengatakan, pada tahun ini sendiri, memang lebih banyak lowongan untuk PPPK dibanding CPNS. Hal tersebut, disesuaikan dengan perimbangan keuangan daerah.

“Selain itu juga bisa memberi kesempatan para tenaga honorer untuk mengikuti tes seleksi PPPK,” jelasnya

Pada tahun lalu sendiri, Pemkab Kudus mendapat jatah 382 formasi lewat tes CPNS. Dalam perjalanannya, jumlah tersebut telah terisi seluruhnya.

Sementara untuk seleksi PPPK, Pemkab Kudus terakhir kali melakukan seleksi pada 2019 lalu. Kemudian berhasil menjaring sebanyak 97 orang. Dari jumlah formasi yang tersedia sebanyak 215 formasi. Ke 97 tenaga PPPK kemudian dilantik pada awal tahun ini oleh Bupati Kudus HM Hartopo.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...