Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Lihat Rumah Warganya Roboh, Bupati Jepara Janji Bangunkan Rumah Baru

Bupati Jepara Dian Kristiandi mengunjungi rumah warganya yang ambruk. (MURIANEWS/Budi Erje)

MURIANEWS, Jepara – Safari kemanusian intensif dilakukan Bupati Jepara Dian Kristiandi saat bulan Ramadan. Mengunjungi warganya yang sedang tertimpa musibah menjadi pengobat duka, sekaligus memberikan solusi permasalaahan yang dihadapi warganya.

Selasa (27/4/2021), Bupati Dian Kristiandi, bersama Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Jepara Hartaya, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyaakat dan Desa (Dinsospermades) Edi Marwoto, dan Kepala BPBD Jepara Arwin Noor Isdiyanto mendatangi rumah warga yang rumahnya roboh.

Endang Susilowati warga RT 11 RW 2 Desa Ngasem, Kecamatan Batealit, rumahnya roboh pada Jumat (16/4/2021) pukul 13.30 WIB. Tidak ada hujan dan angin, rumah yang terbuat dari kayu tersebut ambruk rata dengan tanah. Serpihan-serpihan genting masih terlihat berserakan saat rombongan bupati datang.

Diceritakan, Endang tinggal bersama dua orang anaknya yang masih kecil. Sedangkan suaminya Siswanto merantau ke Manado. Saat kejadian pemilik rumah sedang di dalam rumah, tetiba terdengar suara gemuruh sehingga berhamburan keluar rumah.

Bupati Jepara Dian Kristiandi memastikan akan membantu pembangunan rumah warga yang ambruk di Desa Ngasem, Kecamatan Batealit. (MURIANEWS/Budi Erje)

Tidak berselang lama rumahnya roboh rata dengan tanah. Diperkirakan robohnya rumah itu lantaran kondisi sudah lapuk. Saat ini Endang tinggal di rumah saudaranya untuk sementara waktu.

Untuk korban rumah roboh, bupati mengungkapkan jika pihaknya akan membantu untuk membuat rumah dengan mengalokasikan anggaran bencana senilai Rp 25 juta. “Mudah-mudahan ini bisa membantu meringankan,” kata Andi.

Bantuan ini sebagai bentuk perhatian pemerintah kepada warganya yang sedang mengalami musibah atau bencana. Bantuan yang diberikan disesuaikan dengan kebutuhan mereka. Selain untuk pembelian material, bupati juga memberikan bantuan perlengkapan dapur.

“Ini sebagai bentuk perhatian kami kepada warga yang sedang kesusahan. Smoga bermanfaat,” kata dia.

Kedatangan bupati ini, sekaligus untuk memberikan dorongan dan motifasi kepada masyarakat untuk bergotong royong membantu warga yang mengalami musibah atau kesusahan. Bupati berharap, segera terbangun rumah tingal sederhana yang dapat ditempati Endang sekeluarga.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...