Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Terminal Jati Kudus Sediakan Tes GeNose Gratis Selama Sebulan ke Depan

Salah satu penumpang tengah melakukan tes GeNose di Terminal Induk Jati Kudus. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Terminal Induk Jati, Kudus kini menyediakan tes GeNose C19 gratis untuk penumpang dari Kudus yang ingin pergi ke luar kota. Pelayanan tersebut pun telah dibuka sejak akhir pekan lalu hingga sebulan ke depan.

Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Induk Jati Kudus Indarto menyampaikan, jika semua alat tes GeNose telah disediakan oleh Kementerian Perhubungan.

“Sudah ada alatnya, baik kantong maupun alat deteksinya, semua dari Kementerian Perhubungan,” katanya, Rabu (28/4/2021).

Hanya, lanjut Indarto, per harinya dibatasi kurang lebih sepuluh tes. Mengingat terbatasnya jumlah kantong yang dialokasikan oleh pihak Kemenhub.

Sasarannya sendiri, adalah masyarakat yang hendak ke luar Kabupaten Kudus dan masuk ke Kabupaten Kudus. “Kami ambil secara acak, minimal sepuluh orang dari beberapa bus,” ungkapnya.

Sampai saat ini sendiri, belum ada penumpang yang menunjukkan hasil positif GeNose. Namun apabila ada, maka akan dilanjutkan dengan tindakan swab test.

Ifkar, salah satu pelaku perjalanan mengaku terbantu dengan adanya layanan GeNose ini. Mengingat dia belum membawa surat keterangan negatif Covid-19 saat akan melakukan perjalanan.

Dia sendiri, akan berangkat menuju Jakarta untuk kembali bekerja setelah menghadiri acara keluarga di kampung halamannya di Kudus. “Terbantu, karena jadi dapat surat keterangan gratis, hasilnya juga negatif,” jelasnya.

Baru-baru ini di Terminal Induk Jati juga digelar rapid test antigen secara acak. Hasilnya, puluhan sampel penumpang yang dites menunjukkan hasil yang negatif.

Rapid test tersebut sendiri akan kembali digelar secara acak oleh Dinas Kesehatan Kabupaten, Dinas Perhubungan, dan Satlantas Polres Kudus.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...