Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

DPRD Dorong Terminal-Terminal di Jepara Dinaikkan Kelas Jadi Tipe A

Salah satu penumpang menuju bus di Terminal Jepara. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Seluruh terminal yang dimiliki Kabupaten Jepara belum ada yang berstatus Tipe A. Oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Jepara, terminal-terminal tersebut diharapkan bisa naik kelas menjadi Tipe A.

Ketua Komisi A DPRD Jepara Saidatul Haznak mengatakan, sebagian besar terminal yang ada di Bumi Kartini sudah layak jadi terminal Tipe A. Pihaknya menilai, trayek kendaraan umum antardaerah sudah banyak di Jepara.

Selain itu, terminal-terminal yang ada saat ini lokasinya sangat strategis. Seperti di dekat pasar-pasar besar. Pihaknya menyontohkan, Terminal Jepara berada dekat dengan Pasar Jepara Satu dan Dua. Bukan hanya itu, terminal tersebut juga tak jauh dari pusat Kota Jepara.

“Selain dekat dengan pasar, banyak terminal kita yang letaknya dekat dengan tempat wisata. Atau bahkan dekat dengan daerah tetangga,” ujar Haznak, Selasa (27/4/2021).

Berdasarkan alasan-alasan itu, Haznak dan Komisi A telah menyampaikan rencana pengajuan kenaikan tipe terminal kepada Kementrian Perhubungan RI. Pihaknya mengaku telah berkonsultasi dengan pihak kementerian untuk mendiskusikan lebih lanjut dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara.

“Kami sudah konsultasi. Rencananya pusat (Kementerian Perhubungan) akan segera meresponnya,” imbuh Haznak.

Ia menerangkan, jika terminal yang ada naik kelas menjadi tipe A, maka akan bisa melayani kendaraan penumpang umum angkutan antarkota antarprovinsi (AKAP) dan angkutan lintas batas antarnegara, angkutan antarkota dalam propinasi (AKDP), angkutan kota (AK) serta angkutan pedesaan (ADES).

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...