Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Sri Sumarni, Orang ke-23 dan Perempuan Pertama Jadi Bupati Grobogan

Sri Sumarni-Bambang Pujiyanto dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Grobogan. (MURIANEWS/Dani Agus)

MURIANEWS, Grobogan – Setelah dijabat seorang pelaksana harian (Plh) selama beberapa pekan, Pemkab Grobogan kini punya pejabat bupati dan wakil bupati definitif. Ini menyusul dilantiknya Sri Sumarni sebagai Bupati dan Bambang Pujiyanto (Totok) sebagai Wakil Bupati Grobogan, Senin (26/4/2021) hari ini.

Sri-Totok dilantik dan diambil sumpah dilakukan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Semarang, Senin (26/4/2021). Buat Sri Sumarni, ini merupakan pelantikan keduanya sebagai Bupati Grobogan.

Berdasarkan data yang ada di laman resmi Pemkab Grobogan dengan alamat www.grobogan.go.id, Sri Sumarni merupakan orang ke-23 yang pernah menjabat sebagai bupati Grobogan. Sebelumnya, sudah ada 22 nama yang menjabat sebagai bupati.

Nama Bupati Grobogan sebelum Sri Sumarni adalah Bambang Pudjiono yang juga menjabat selama dua periode atau sepuluh tahun. Sedangkan nama Bupati Grobogan pertama adalah Adipati Puger yang memerintah tahun 1726 ketika ibu kotanya masih berada di Kecamatan Grobogan.

Sedangkan untuk Bambang Pujiyanto tercatat merupakan orang ketiga yang pernah menduduki jabatan sebagai wakil bupati Grobogan. Dua nama sebelumnya adalah Bambang Pudjiono yang mendampingi Bupati Agus Supriyanto. Satu nama lagi adalah Icek Baskoro yang mendampingi Bupati Bambang Pudjiono selama dua periode.

Di sisi lain, keberhasilan Sri Sumarni menjadi Bupati Grobogan juga sudah berhasil mencatatkan sejarah tersendiri.

Baca: Sah, Gubernur Ganjar Lantik Sri-Totok Jadi Bupati dan Wakil Bupati Grobogan

Dimana, dia tercatat menjadi perempuan pertama yang menjabat Bupati Grobogan. Sebelumnya, jabatan Bupati Grobogan selalu dipegang oleh laki-laki.

Sementara itu, Sri Sumarni dalam beberapa kesempatan sebelumnya menyatakan, pihaknya mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan banyak pihak sehingga ia dan Bambang Pujiyanto berhasil terpilih dan dilantik jadi Bupati dan Wakil Bupati Grobogan periode 2021-2026.

“Terima kasih atas dukungannya selama ini. Mohon doanya agar saya dan Pak Bambang Pujiyanto dan bisa mengemban amanah sebaik mungkin dan membawa Grobogan semakin hebat,” ujarnya.

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...