Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Pangkat Dinaikkan Satu Tingkat, Awak KRI Nanggala-402 Juga Diberi Penghargaan Bintang Jalasena

Presiden Joko Widodo (tengah) saat memberikan keterangan kenaikan pangkat dan bintang Jalasena kepada awak kapal KRI Nanggalka-402. (Tangkap Layar)

MURIANEWS, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengabulkan usulan kenaikan pangkat kepada 53 awak kapal selam KRI Nanggala-402 yang tenggelam dan terbelah tiga di perairan Utara Bali.

Tak hanya kenaikan pangkat, para awak kapal tersebut juga akan mendapatkan tanda kehormatan Bintang Jalasena dari pemerintah. Presiden menilai, mereka bukan hanya prajurit yang gugur saat menjalankan tugas, namun juga patriot bangsa.

“Negara akan memberikan penghargaan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi, serta Bintang Jasa Jalasena atas dedikasi pengabdian serta pengorbanan prajurit-prajurit terbaik tersebut,” kata Jokowi dalam konferensi pers melalui akun YouTube Sekretariat Presiden, Senin (26/4/2021).

Selain itu, Jokowi juga berjanji, pemerintah akan menjamin pendidikan putra putri awak kapal KRI Nanggala-402 tersebut hingga jenjang pendidikan S1.

“Saya juga ingin menyampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi tingginya kepada TNI, Polri, Basarnas, Bakamla, BPPT, dan KNKT, serta seluruh unsur yang tak bisa disebutkan satu per satu yang telah berupaya maksimal dalam menemukan KRI Nanggala-402 ini, ” terangnya.

“Dan terimakasih, penghargaan juga saya sampaikan atas bantuan negara sahabat dalam upaya dan kerja keras pencarian kapal Nanggala-402,” imbuhnya.

Selain itu, Kepala Negara juga menyampaikan duka cita yang mendalam dan memanjatkan doa agar arwah para prajurit yang gugur mendapatkan tempat terbaik di sisi Tuhan YME.

Sebagaimana diketahui, kapal selam KRI Nanggala-402 hilang pada 21 April 2021 ketika mengikuti latihan di perairan Bali. Segala upaya dikerahkan, tapi KRI Nanggala-402 tak dapat diselamatkan.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dengan berat hati mengumumkan bahwa seluruh awak KRI Nanggala-402 gugur dalam tugas. Ia juga telah mengusulkan agar 53 awak kapal itu mendapat kenaikan pangkat.

 

Reporter: Supriyadi
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...