Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Wisata Karimunjawa Tetap Buka Saat Lebaran, Trip Kapal Bisa Ditambah

Pulau Cemara, salah satu spot wisata di Pulau Karimunjawa, Jepara. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Selain penyeberangan logistik pangan ke Pulau Karimunjawa dibuka, objek-objek wisata di kepulauan tersebut juga tetap dibuka normal. Seperti diketahui sebelumnya, selama larangan mudik Lebaran pada 6-17 Mei 2021 nanti, penyeberangan dari daratan Jepara menuju Karimunjawa tetap dibuka.

Kabid Perhubungan Laut Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Jepara Suroto menyatakan, tempat wisata di Pulau Karimunjawa juga tetap dibuka.

Sebelum adanya pandemi, jumlah pengunjung Pulau Karimunjawa selalu meningkat tajam saat ada momen liburan. Salah satunya libur Lebaran. Tidak hanya wisatawan domestik, pulau itu juga diserbu wisatawan dari berbagai negeri.

Pada pekan kedua bulan Ramadan ini, Suroto melihat belum ada peningkatan gelombang penumpang kapal menuju Karimunjawa. Untuk itulah, para operator kapal penyeberangan belum mengajukan izin penambahan pelayaran.

“Sampai hari ini penumpang masih sepi. Wisatawan hanya satu-dua. Untuk jadwal masih normal, penambahan jadwal nanti kondisional melihat penumpang yang mau menyeberang,” katanya, Senin (26/4/2021).

BACA: Pelabuhan Kartini Jepara Tak Terpengaruh Larangan Mudik, Penyeberangan ke Karimunjawa Tetap Buka

Terpisah, Bupati Jepara Dian Kristiandi juga menyatakan wisata di Pulau Karimunjawa tetap dibuka selama libur Lebaran. Diketahui, dari sekian objek wisata yang dimiliki pemerintah daerah, hanya Karimunjawa yang sudah buka di masa pandemi ini.

“Masih sama seperti dulu. Kalau mau ke sana (Karimunjawa) ya, ke sana. Tapi dengan pembatasan. Jadi tidak terus ada larangan,” ujar Dian ditemui di Pendapa Kabupaten Jepara, Senin (26/4/2021).

Bahkan, untuk memastikan protokol kesehatan dilaksanakan, Andi meminta perusahaan kapal penyeberangan menambah jadwal pelayaran. Selain itu, penambahan jadwal juga bisa mengakomodir wisatawan dari dalam dan luar daerah Kota Ukir.

“Jasa penyeberangan kalau ada penambahan pelayaran malah lebih bagus,”pungkas Dian.

 

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...