Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Sah, Gubernur Ganjar Lantik Sri-Totok Jadi Bupati dan Wakil Bupati Grobogan

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo melantik Sri Sumarni dan Bambang Pujiyanto sebagai Bupati dan Wakil Bupati Grobogan. (MURIANEWS/Dani Agus)

MURIANEWS, Grobogan – Pasangan Sri Sumarni dan Bambang Pujiyanto (Totok) akhirnya resmi menjabat sebagai Bupati dan Wakil Bupati Grobogan. Ini setelah keduanya dilantik dan diambil sumpahnya sebagai Bupati dan Wakil Bupati Grobogan periode 2021-2026 oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Semarang, Senin (26/4/2021).

Pelaksanaan pelantikan yang dilangsungkan dengan menerapkan protokol kesehatan dan undangan terbatas. Mengingat undangannya terbatas, para kepala OPD terpaksa hanya mengikuti prosesi pelantikan secara virtual dari pendapa kabupaten.

Sedangkan pada camat, kepala desa/kelurahan menyaksikan dari kantornya masing-masing.

Bagi Sri Sumarni, ini merupakan pelantikan keduanya sebagai Bupati Grobogan periode 2016-2021. Lima tahun lalu, tepatnya 21 Maret 2016, Sri Sumarni juga dilantik Ganjar Pranowo di tempat yang sama.

Namun, saat itu Sri Sumarni hanya dilantik seorang diri. Pasalnya, Edy Maryono selaku calon Wakil Bupati Grobogan terpilih meninggal dunia beberapa hari sebelum jadwal pelantikan. Pada akhirnya, Sri Sumarni memimpin Kabupaten Grobogan sendirian karena jabatan wakil bupati tetap kosong hingga masa jabatannya usai.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menyatakan, selama memimpin Grobogan pada lima tahun lalu, sudah banyak kemajuan dan prestasi yang diraih Sri Sumarni. Oleh sebab itu, ia mengucapkan terima kasih atas kinerja yang sudah dilakukan selama ini dalam memajukan Kabupaten Grobogan.

Ganjar berharap agar Sri Sumarni bersama Bambang Pujiyanto bisa meneruskan prestasi yang sudah diraih selama ini. Kemudian, ada beberapa hal yang mesti segera mendapat penanganan.

“Perbaikan infrastruktur di Grobogan, khususnya jalan belum selesai semuanya. Salah satu PR utama adalah memperbaiki infrastruktur jalan ini,” kata Ganjar.

Ganjar juga meminta agar kedua pejabat yang baru dilantikan bersikap terbuka pada masyarakat. Caranya, adalah dengan membuka saluran informasi yang mudah diakses masyarakat, termasuk memanfaatkan layanan media sosial.

“Setelah dilantik, para kepala daerah ini saya minta agar transparan dan akuntabel serta mudah diakses masyarakat. Saya juga ingatkan kalau pandemi Covid-19 belum selesai. Maka terus disiplin menerapkan protokol kesehatan,” pesan Ganjar.

Selain pelantikan bupati dan wakil bupati, dalam kesempatan itu juga dilangsungkan pelantikan terhadap Rinjani Bambang Pujiyanto selaku Ketua Tim Penggerak PKK dan Ketua Dekranasda Kabupaten Grobogan.

Pelantikan ini dilakukan oleh Ketua Tim Penggerak PKK dan Ketua Dekranasda Provinsi Jateng Atikoh Ganjar Pranowo.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...