Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Hasil Tabungan Bank Sampah di Kudus Ini Dicairkan, Nilainya Puluhan Juta

Warga Desa Bae, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus mendapat pencairan tabungan sampah. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Kudus – Bank sampah Tunjung Seto, di Desa Bae, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus tahun ini kembali membagikan hasil tabungan kepada nasabahnya. Total hasil tabungan sampah itu mencapai Rp 63.361.000.

Jumlah itu mengalami peningkatan dari tahun 2020 lalu yang sebesar Rp 41.079.900. Pembagian tabungan itu diserahkan pada Minggu (26/4/2021).

Meningkatnya nominal tabungan sampah yang dibagikan menurut Penanggung Jawab sekaligus Ketua Karang Taruna Tunjung Seto M Anshori lantaran adanya kesadaran masyarakat untuk memilah sampah.

“Kalau soal faktor meningkat dibandingkan tahun lalu karena masyarakat di Desa Bae saat ini lebih peduli terhadap lingkungan. Kemudian harga rongsok yang kami berikan bisa bersaing dengan pengepul keliling. Sehingga masyarakat tertarik,” katanya, Senin (26/4/2021).

Ada beberapa sampah yang bisa dikumpulkan ke bank sampah Tunjung Seto. Seperti kardus, besi, botol minuman, plastik kresek, minyak jelantah, kaleng minuman, kaleng jajan, dan kertas.

“Tujuan kami dengan adanya tabungan sampah ini supaya masyarakat Desa Bae semakin peduli dengan lingkungan. Sehingga mau memilah sampah,” terangnya.

Di kegiatan tersebut juga terdapat lima nasabah terbanyak yang mendapatkan tabungan sampah. Keseluruhannya merupakan warga Desa Bae.

Nominal yang didapat kelima warga itu bervariasi. Mulai dari Rp 413.784 hingga Rp 2.100.633.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...