Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Kepala BIN Papua Gugur Ditembak KKB, Jenzah Dimakamkan di Makam Pahlawan Kalibata Jakarta

Ilustrasi pasukan TNI-Polri menjaga wilayah dari serangan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua (Dok. Puspen TNI)

MURIANEWS, Jayapura – Kebrutalan kelompok kriminal bersenjata (KKB) Kembali memakan korban. Kali ini Kepala Badan Intelijen Negara Daerah (Kabinda) Papua, Brigjen TNI I Gusti Putu Dani, gugur setelah terlibat baku tembak dengan kelompok tersebut.

Baku tembak tersebut terjadi di Kampung Dambet, Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Minggu (25/4/2021) sore waktu setempat.

Pangdam XVII Cenderawasih, Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, menyebut pelaku penembakan dilakukan kelompok Lekagak Telengen.

“Dari laporan yang saya terima pelaku penembakan terhadap korban berasal dari kelompok Lekagak Telengen,” kata Pangdam seperti dilansir dari CNN Indonesia.

Sementara itu, Deputi VII BIN, Wawan Hari Purwanto menjelaskan kronologi baku tembak bermula ketika Kabinda Papua mendatangi Kampung Dambet bersama tujuh anggotanya pada pukul 09.20 WIT, Minggu (25/4/2021).

Putu turun langsung lantaran ingin melakukan observasi lapangan guna mempercepat pemulihan keamanan pascaaksi brutal KKB Papua di wilayah tersebut. Namun, kontak tembak terjadi dengan KKB.

“Sekitar pukul 15.50 WIT, Satgas BIN dan Satgas TNI/Polri dihadang oleh Kelompok Separatis dan Teroris (KST) Papua sehingga terjadi aksi saling tembak di sekitar gereja Dambet,” kata Wawan lewat siaran pers, Senin (26/4/2021).

Dalam baku tembak tersebut Kabinda gugur. Almarhum pun kini dinaikkan pangkatnya secara anumerta menjadi Mayor Jendral.

Saat ini, Jenderal TNI berdarah Bali itu akan diterbangkan ke Jakarta untuk dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata pada Senin (25/4/2021).

Adapun Jarak Kampung Dambet dengan Beoga sekitar tiga kilometer dan merupakan kampung terakhir yang dilaporkan diserang KKB. Diketahui, wilayah tersebut merupakan daerah pembakaran gedung sekolah yang beberapa waktu lalu dilakukan oleh KKB.

“Jarak Kampung Dambet dengan Beoga sekitar tiga kilometer dan merupakan kampung terakhir yang dilaporkan diserang KKB,” tandas Wawan.

Tercatat, setidaknya ada empat peristiwa penembakan yang dilakukan oleh KKB terhadap masyarakat sipil di wilayah Beoga sejak awal April kemarin. Mulai dari penembakan hingga pembakaran gedung sekolah

KKB kelompok Lekagak Telengen sendiri kerap melakukan penyerangan sejak lama. Pada 2018 lalu, kelompok tersebut pernah menyandera prajurit TNI di Tinggineri, Distrik Yambi, Kabupaten Puncak Jaya, Papua.

KKB kelompok Lekagak Telengen pun pernah melakukan penyerangan terhadap patroli TNI di Yambi hingga membuat lima prajurit TNI terluka. Tiga di antaranya mengalami luka tembak.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: CNN Indonesia

Comments
Loading...