Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Pelabuhan Kartini Jepara Tak Terpengaruh Larangan Mudik, Penyeberangan ke Karimunjawa Tetap Buka

Para penumpang Kapal Express Bahari akan melakukan penyeberangan. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Pelabuhan Kartini Jepara dipastikan tetap buka jelang arus mudik dan Lebaran. Sehingga, penyeberangan menuju Pulau Karimunjawa tetap lancar.

Tetap dibukanya Pelabuhan Kartini itu dipastikan oleh Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Jepara Trisno Santoso. Ia menyatakan penyeberangan ke Pulau Karimunjawa tetap dijalankan seperti biasanya.

Trisno mengungkapkan, berdasarkan surat dari Kementerian Perhubungan terkait larangan mudik Lebaran, nantinya dititikberatkan pada angkutan darat. Sedangkan, untuk angkutan laut, akan difokuskan pada penyeberangan antarprovinsi.

“Penyeberangan ke Karimunjawa tetap dibuka seperti biasanya. Pelabuhan Kartini tidak ditutup,” kata Trisno, Senin (26/4/2021).

Pihaknya mengatakan, ada hal yang sangat mendesak untuk tidak menutup pelabuhan dan penyeberangan ke Pulau Karimunjawa. Yaitu supaya pasokan kebutuhan pangan rakyat Karimunjawa tetap aman.

Pasalnya, kebutuhan pangan biasanya dipasok dari daratan Jepara melalui Pelabuhan Kartini.

“Apalagi ada momen Lebaran. Tentu kebutuhan pangan masyarakat Karimunjawa bisa bertambah dua kali lipat atau lebih. Jadi tidak mungkin kalau penyeberangan ditutup,” jelas Trisno.

Pihaknya menambahkan, nantinya akan ada posko Lebaran dan kesehatan di Pelabuhan Kartini.

Sementara itu, Nor Soleh, Camat Karimunjawa, memperkirakan jumlah pemudik yang masuk ke Karimunjawa hanya sedikit. Sebab, seperti diketahui, tahun ini ada pembatasan bahkan larangan mudik.

“Misalnya di keluarga saya sendiri, saudara-saudara yang di luar sudah komunikasi Lebaran nanti tidak pulang. Ya, karena ada larangan itu. Sama seperti Lebaran tahun lalu juga tidak banyak yang mudik. Saya perkirakan pemudik didominasi pelajar dan santri,” ujar Nor Sholeh.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...