Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Setelah ‘My Trip My Adventure’,  Syamsir Alam ‘Come Back’ ke Liga 2

Syamsir Alam saat dikenallkan sebagai pemain RANS CIlegon FC. (goal.com)

MURIANEWS, Cilegon– RANS Cilegon FC, baru saja mengumumkan nama-nama pemain rekrutan mereka untuk Liga 2. Diantara nama-nama itu, muncul Syamsir Alam yang sudah lama tidak beredar di kancah sepak bola Indonesia.

Sejak diakuisisi oleh selebritis kondang Raffi Ahmad, RANS Cilegon FC memang selalu mencuri perhatian public bola nasional. Setelah melibatkan sejumlah selibritis di klub-nya, Raffi Ahmad kembali menyampaikan informasi menarik, terkait bergabungnya Syamsir Alam.

Semua orang mungkin tahu, Syamsir Alam merupakan pemain bola Indonesia yang sempat digadang-gadang menjadi salah satu yang terbaik. Namun, dalam beberapa tahun lalu, karirnya bisa dikatakan madeg.

Bahkan sejak lebih dikenal sebagai presenter acara My Trip My Adventure di salah televisi, Syamsir sepertinya sudah melupakan sepak bola. Kini, Syamsir akhirnya menjadi salah satu ‘hiasan’ yang dipajang di RANS Cilegon FC.

Kembalinya Syamsir ke lapangan hijau, jelas menjadi sesuatu yang menarik untuk dinantikan perkembangannya. Apakah pemain ini masih mampu menjalani come back dengan sukses, perlu kita tunggu lebih lanjut.

Syamsir pernah menjadi wonderkid Indonesia,  dan tercatat menjadi pemain Indonesia pertama yang dikontrak klub Major League Soccer, Amerika Serikat. Saat itu Syamsir sempat membela DC United.

Setelah menimba ilmu sepak bola di SAD Spanyol, Syamsir pernah bermain di Belgia bersam C.S. Vise, selama kurang-lebih dua tahun, pada rentang 2011 hingga 2013. Kariernya di klub luar negeri biasa-biasa saja sejauh itu.

Pria yang saat ini berusia 28 tahun ini, juga sempat dipanggil Timnas U-23 yang bertanding di SEA Games 2013. Coach Rahmad Darmawan, pada akhirnya tidak membawa pemain ini lantaran kualitasnya jauh dibanding yang lain. Syamsir tidak ikut ke SEA Games 2013 di Myanmar.

 Sejak itu, Syamsir mulai menghadapi masalah dalam karir sepak bolanya. Tahun itu pula Syamsir dicoret dari DC United. Meski kemudian sempat bertualang di sejumlah klub besar Nasional, Syamsir sepertinya gagal menunjukan bakat sepak bola terbaiknya.

Di Liga Indonesia ia pernah membela Sriwijaya FC, Pelita Bandung Raya, hingga Persiba Balikpapan. Namun tidak ada yang berjalan sesuai keinginan. Hingga pada 2017 dirinya absen di panggung sepak bola nasional, meski tetap tidak menyatakan pensiun.

“Saya tidak menyerah. Tiap hari, ketika akan tidur saya masih memikirkan tentang sepakbola. Umur saya baru 25 tahun. Kita tidak tahu, setahun atau dua tahun ke depan bakal seperti apa,” ungkap Syamsir kepada salah satu media.

Sejak itu, Syamsir tiba-tiba muncul sebagai bintang televisi. Sebagai pembawa acara ‘My Trip, My Adventure’, Samsyir akhirnya mulai bergaul dengan  para selebritis tanah air.

Kehidupannya terlihat baik-baik saja, dan nampaknya sudah nyaman tanpa harus memikirkan sepakbola. Namun pekan ini, Syamsir kembali menarik perhatian usai masuk dalam daftar pemain RANS Cilegon FC.

Banyak yang mempertanyakan motivasi Syamsir kembali ke lapangan, dan juga motivasi Rans mendaratkan Syamsir yang sudah lama vakum dari sepakbola profesional.

Syamsir bakal butuh adaptasi yang tidak mudah untuk mengembalikan segalanya yang dibutuhkan di sepak bola.

Syamsir menuturkan bahwa dirinya tak pernah berharap untuk ‘diajak’ masuk Rans meski punya kedekatan dengan Raffi Ahmad. Malahan, Raffi dan Hamka Hamzah yang coba meyakinkan Syamsir untuk kembali ke tempat asalnya.

“Prosesnya sih tidak alot, karena sejak pandemi shooting juga sedang tidak padat, jadi sering main di Selebritis FC sama teman-teman yang lain. Aa Raffi juga lagi sering main di Selebriti FC, lalu kami suka makan bareng, ngobrol-ngobrol sama kapten Hamka Hamzah,” ujar Syamsir Alam, memberikan statemen.

Syamsir juga mengaku tidak pernah menduga jika Raffi Ahmad akhirnya membuka akademi sepak bola, lalu membeli klub Liga 2. Dirinya juga tidak pernah menduga jika akhirnya diajak bergabung.

Hamka Hamzah juga pasti mengetahui bagaimana kondisi dirinya dari sisi sepak bola. Untuk mengembalikan kondisi yang dibutuhkan, setelah 5 tahun absen, diakuinya akan cukup berat. Namun dirinya akan melakukan yang terbaik.

“Tapi, mereka berdua meyakinkan saya, percaya sama saya. Insyaallah saya bisa lagi balik ke performa terbaik. Sejak mereka ngeyakinin, tidak pikir panjang saya langsung setuju untuk kembali ke sepakbola,” tuturnya.

 

Penulis: Budi erje
Editor: Budi erje
Sumber: goal.com

Comments
Loading...