Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Perbatasan Blora-Jatim Diperketat, Pengendara Dirapid Antigen

Petugas melakukan pemeriksaan pengendara di perbatasan Blora-Jatim. (MURIANEWS/Nathan)

MURIANEWS, Blora – Petugas gabungan di Kabupaten Blora melakukan pengetatan pengawasan jalur perbatasan Blora di Cepu dengan Jawa Timur, tepatnya di wilayah Ketapang, Sabtu, (24/04/2021).

Anggota Polres Blora bersama anggota Kodim 0721/Blora serta dibantu dengan Dinas Perhubungan, Satpol PP, dan Dinas Kesehatan melakukan penjagaan ketat terhadap pengendara yang akan masuk ke wilayah Jawa Tengah.

Secara acak, setiap kendaraan bernomor polisi luar daerah dari arah Kecamatan Padangan Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur dihentikan polisi lalu pengendara diminta menunjukkan surat identitas dan surat hasil rapid test antigen.

Pengendara yang sudah bisa menunjukkan hasil rapid tes negatif dipersilakan melanjutkan perjalanan.

Namun jika tidak membawa, petugas kesehatan melakukan pemeriksaan dengan thermo gun dan jika ditemukan warga yang suhu badannya di atas normal dan mempunyai indikasi sakit, maka diminta turun untuk menjalani rapid test antigen di pos yang disediakan.

Kabag Ops Polres Blora Kompol Supriyo menjelaskan, penyekatan ini dalam rangka Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2021, dan sosialisasi larangan mudik bagi pengendara. Khususnya dari luar daerah yang masuk ke wilayah Jawa Tengah.

“Pada kegiatan ini kami melakukan pemeriksaan terhadap pengguna jalan yang berasal dari Jawa Timur yang akan masuk ke Jawa Tengah. Kita lakukan pemeriksaan identitas, serta pemeriksaan kesehatan,” katanya.

Menurutnya, jika ditemukan pengendara dari luar Jawa Tengah yang suhu tubuhnya tinggi langsung dilakukan rapid test antigen. Jika hasilnya positif, maka akan diarahkan untuk kembali ke tempat asal, atau diarahkan ke rumah sakit rujukan yaitu di RSUD Cepu atau di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Cepu untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Kabag Ops menambahkan fokus Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2021 ini untuk mengurangi adanya penyebaran Covid-19 sekaligus sosialisasi larangan mudik yang sudah ditetapkan pemerintah. Polisi yang berjaga akan mengecek kendaraan bernomor polisi luar Jawa Tengah.

“Kami cek kendaraan dari pelat luar kota (luar Jateng) dan KTP-nya, apabila dari luar kota dilakukan rapid test antigen. Apabila yang bersangkutan hasilnya terindikasi positif maka langsung di koordinasi dengan Dinas Kesehatan untuk diputar balikkan atau diarahkan ke rumah sakit rujukan,” pungkasnya.

 

Kontributor: Nathan
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...