Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

TAUSIAH RAMADAN GUS BAHA

Gus Baha: Nikmatilah Sesuatu yang Tak Haram

Gus Baha. (MURIANEWS/Angara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau lebih dikenal dengan Gus Baha dalam Tausiah Ramadhan 1442 PR Sukun edisi Sabtu (24/4/2021), menyampaikan jika dalam hidup, harusnya bersyukur dan menikmati segala sesuatunya yang tidak haram.

“Nabi Ibrahim pernah ngendikan, wong iku kudu menikmati sesuatu sing ora haram (Nabi Ibrahim pernah berkata jika seseorang haruslah menikmati sesuatu yang tidak haram),” ucap Gus Baha.

Dengan begitu, lanjut Gus Baha, seseorang tersebut bisa turut memerangi sebuah hal yang haram untuk dilakukan umat manusia. Selain itu juga, perbuatan yang seperti itu bisa turut memupuk rasa bersyukur.

“Dengan kita memuji sesuatu yang tidak haram, maka kita juga ikut memeranginya dan turut melatih merasakan kenikmatan,” ujarnya.

Gus Baha sendiri, mencontohkan seorang santri yang menikmati sebuah ketela layaknya sebuah hal yang mewah. Hal tersebut, lanjutnya, adalah hal yang luar biasa.

“Lebih baik dari orang lain yang menikmati hidup hanya saat di hotel atau hal-hal lainnya,” katanya.

Gus Baha, dalam tausiah sebelumnya juga menyampaikan jika sebuah niat duniawi ataupun keinginan duniawi juga bisa mendapat rahmat dari Allah SWT.

Yakni dengan cara melandasi niat duniawi tersebut dengan niat beribadah. Dengan begitu, segala perbuatan untuk mengejar duniawi juga bisa dihitung sebagai ibadah.

Gus Baha juga menerangkan jika  hidup haruslah memiliki komitmen untuk melaksanakan kebaikan. Serta berkomitmen untuk berpegang teguh pada Allah dan Rasulullah.

Tausiah Ramadan oleh Gus Baha ini disiarkan oleh channel Youtube MURIANEWS TV dan PR Sukun. Tausiah ini akan hadir setiap hari selama Ramadan pada pukul 17.15 WIB.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...