Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Adopsi Desain Khas Turki yang Indah, Masjid di Kudus Ini Bikin Kerasan Ibadah

Masjid Al Muamar dengan desain masjid di negara Turki. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Masjid Al Muamar yang berada di RT 05, RW 02, Desa Janggalan, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus mempunyai desain yang sangat indah. Arsitektur masjid ini mengadopsi gaya masjid-masjid yang ada di Negara Turki.

Keindahan desain ini membuat jemaah yang masuk ke dalam masjid menjadi nyaman dan sejuk. Sehingga beribadah di dalam masjid ini menjadi sangat nyaman.

Bentuk Masjid Al Muamar mirip dengan masjid di negara Turki. Kubahnya lebar dan bewarna abu-abu. Bangunan masjid diberi warna dominan putih dengan arsiran abu-abu.

Lalu, di dinding-dinding bagian luar masjid terdapat beberapa lampu hias. Di bagian dalam masjid, di area kubah juga terdapat tulisan kaligrafi.

Warga keluar dari Masjid Al Muamar di Desa Janggalan, Kudus. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

Di area tempat wudu juga dibuat lebih modern. Warna dinding sama dengan warna masjid. Yakni dominasi warna putih dan arsiran abu-abu.

Muhammad Basyir, pengurus Masjid Al Muamar mengungkapkan, gaya arsitektur masjid ini memang dibuat dengan adopsi masjid-masjid yang ada di Turki.

Arti dari Al Muamar menurut dia bermakna “supaya terkenal”. Menurut dia yang memberi nama Masjid Al Muamar yakni ulama kharismatik asal Kudus, KH Arwani.

Menurutnya, Masjid Al Muamar sudah tiga kali direnovasi. Renovasi kalai pertama dilakukan pada 1984.

Renovasi pertama itu mengubah bagian atap dan sebagian pagar masjid. Di tahun itu juga terdapat penambahan tempat salat perempuan dan pembangunan pesantren.

“Kemudian renovasi kedua hanya renovasi kecil. Tepatnya tahun 1996. Renovasi dilakukan di tempat wudu pria dan wanita,” katanya, Sabtu (24/4/2021).

enovasi ketiga kalinya dilakukan pada Juni 2017 silam. Saat itu kubah masjid diganti secara total. Saat ini untuk menara masjid juga masih dalam proses pembangunan.

“Masjidnya saat ini sudah dua lantai. Kegiatan mengaji dan salat jemaah terus berlangsung di Masjid Al Muamar ini,” ungkap Muhammad Basyir.

 

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...