Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Tetap Layani Masyarakat, Museum di Jepara Sajikan Layanan Virtual Tour

Petugas Museum Kartini berjaga di pintu utama. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Lantaran belum mendapatkan izin membuka objek wisata, pengelola Museum Kartini menyediakan video koleksi-koleksi yang disajikan secara virtual. Ini dilakukan supaya masyarakat tetap bisa mengenali benda-benda bersejarah yang berkaitan denga Kabupaten Jepara.

Subiyanto, Manajer Museum Kartini mengatakan, sengaja membuat video berdurasi 30 menit itu untuk mengobati keinginan pengunjung museum yang tak bisa berkunjung. Dalam video itu, seluruh koleksi museum disuguhkan dengan menarik.

“Pada momen-momen tertentu atau liburan khususnya, pengunjung pasti banyak. Tapi karena tutup, kami buatkan video,” kata Subiyanto, Jumat (23/3/2021).

Terpisah, Kepala Bidang Kebudayaan pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Jepara Ida Lestari mengatakan, virtual tuor dibuat untuk disuguhkan selama masa pandemi Covid-19 museum ditutup. Virtual tour menyajikan tayangan video tiap sudut ruangan dan semua koleksi di Museum Kartini.

“Secara keseluruhan 30 menit. Tapi khusus di Ruangan Kartini hanya 6 menit,” terang Ida.

Minat masyarakat akan layanan virtual tour ini cukup tinggi. Sebagain besar peminakmat virtual tour pengunjung dari luar daerah. “Hari Sabtu besok ada permintaan virtual tour dari Cirebon. Beberapa hari lalu dari Pusdatin perihal Museum Kartini,” kata Ida.

Secara umum Museum Kartini telah siap menerima kunjungan wisatawan. Failitas penunjang kesehatan juga sudah tersedia. Itu seperti tempat cuci tangan, handasanitizer di sejumlah titik, dan titik pengaturan jarak pengunjung.

“Uji coba simulasi sudah kami lakukan setiap Sabtu dan Minggu. Tapi Akhir pekan kemarin kami tutup karena sedang ada fumigasi,” pungkasnya.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...