Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Uji Coba PTM Tahap Dua di Kudus Hanya untuk Sekolah yang Siap dan Guru Telah Divaksin

Ujian sekolah tatap muka di SMP 1 Kudus. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kudus tengah mempersiapkan sejumlah sekolah untuk uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) tahap dua. Sekolah yang gurunya sudah divaksin Covid-19 akan menjadi prioritas uji coba PTM tahap dua.

Diketahui, uji coba PTM tahap dua di Jawa Tengah, rencananya akan digelar mulai 26 April-7 Mei 2021 mendatang.

Kabid Pendidikan Dasar Disdikpora Kabupaten Kudus Dian Vitayani Winahyu mengatakan, pihaknya akan tetap mengikuti instruksi pusat, di mana PTM bisa digelar saat guru ataupun tenaga pendidikan sudah divaksin. Saat ini sudah ada 27 sekolah tingkat SMP, dan delapan SD yang sudah melakukan vaksinasi.

“Sekolah-sekolah SMP itu yang kemarin menggelar ujian sekolah tatap muka, seperti SMP 1 Kudus, SMP 2 Kudus, SMP 3 Kudus dan SMP lainnya baik negeri atau swasta.  Nanti akan kami ajukan untuk bisa ikut PTM tahap dua, ” katanya, Kamis (22/4/2021).

Meski demikian, tidak semua SMP yang sudah melakukan vaksinasi diajukan dan mengikuti pembelajaran tatap muka. Namun, sekolah yang sudah vaksin dan sudah siap untuk melakukan pembelajaran tatap muka dari segala aspek.

“Kami lihat dulu yang mana sekolah yang sudah siap. Semuanya, sarana prasarana proses, kebiasaan baru siswa, ijin komite, ijin orang tua, juga harus siap, ” jelasnya.

Sementara untuk delapan SD yang kini melaksanakan PTM, hingga kini belum ada kendala, mulai portokol kesehatan, kebiasaan baru juga sudah berjalan. Pihaknya akan meminta izin untuk menggelar ujian sekolah tatap muka pada 26 April 2021 mendatang.

“SD itu pekan depan ujian sekolah, semoga bisa dua duanya jalan. Yang SMP PTM tahap dua, yang SD ujian sekolah tatap muka,” pungkasnya.

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...