Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Tiga Perempuan Jepara Mampu Jadi Inspirasi, Bupati: Ini Warisan Luar Biasa

Bupati Jepara Dian Kristiandi dalam Peringatan Hari Kartini. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Kabupaten Jepara memiliki identitas tentang kemasyhuran tokoh-tokoh perempuannya. Yaitu Ratu Shima, Ratu Kalinyamat, dan R.A Kartini.

Pada peringatan Hari Kartini ke-142 ini, Bupati Jepara Dian Kristiandi, mengajak perempuan-perempuan Jepara meneladani ketiga tokoh perempuan tersebut. Terutama dalam menjalani hidup dan meraih masa depan.

Andi menuturkan, ketiga tokoh itu masing-masing memberikan representasi keteladanan masing-masing. Yaitu Ratu Shima dengan keadilannya, Ratu Kalinyamat dengan keberanian dan ketangguhannya, serta R.A Kartini yang mampu membaca jauh masa depan dan emansipasinya.

“Kalau perempuan-perempuan Jepara bisa memiliki ketiga sifat tokoh-tokoh itu, yaitu adil dan bijaksana, tangguh, dan pemikiran yang maju. Saya yakin perempuan Jepara tidak mudah dikalahkan oleh keadaan. Ini warisan yang luar biasa,” kata Andi, saat ditemui di Pendapa RA Kartini, Rabu (21/4/2021).

Di masa pandemi ini, ujar Andi, peran perempuan Jepara juga sangat terlihat. Yaitu ketika kondisi ekonomi masyarakat dan keluarga terpuruk, perempuan-perempuan Jepara dengan kegigihannya mau membantu membangkitkan ekonomi bagi keluarganya.

“Dari dulu sampai sekarang, perempuan-perempuan Jepara memang terkenal sebagai pekerja keras. Mereka tidak melulu bertumpu pada laki-laki. Maka saat pandemi seperti ini, mereka sudah terlatih untuk ikut membangkitkan ekonomi keluarganya,” ucap Andi.

Andi menambahkan, di masa-masa sekarang dan ke depan, dirinya berharap agar langkah dan pemikiran perempuan-perempuan Jepara bisa melampaui tokoh-tokoh leluhur.

Namun begitu, dirinya berharap agar keteladanan-keteladanan yang diwariskan leluhur itu, tetap menjadi pijakan dalam setiap melangkah dan berpikir.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...