Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Enam Bulan Bobol 85 Rumah dan 65 Minimarket, Komplotan Maling di Tangerang Akhirnya Dibekuk

Polres Tangerang Selatan menangkap pelaku pencurian di rumah kosong. (Rakha Arlyanto/detikcom)

MURIANEWS, Tangerang – Komplotan spesialis rumah kosong dan minimarket diringkus Satreskrim Polres Tangerang Selatan, Banten. Kepada petugas, komplotan ini mengaku sudah membobol 85 rumah kosong dan 65 minimarket. Ironisnya, aksi tersebut dilakukan dalam kurun waktu enam bulan terakhir.

Kapolres Tangsel AKBP Iman Imanudin mengatakan, komplotan pembobol rumah kosong dan minimarket ini total ada tiga orang. Hanya saja, baru dua pelaku yang berhasil ditangkap, yakni HR dan RK. Sedangkan satu lagi pelaku berinisial D masih dalam pengejaran.

Baca: Joseph Paul Zhang Ternyata Pernah Bersekolah di SMAN 1 Tegal, Lulus Tahun 1993

“Jadi ketiga orang ini, yang bersangkutan melakukan kejahatan sebanyak 150 TKP yang ada di wilayah hukum Polres Tangsel, 85 (kali) melakukan dengan sasaran rumah kosong, kemudian sekitar 65 (kali) dengan sasaran TKP minimarket,” tutur Iman seperti dikutip CNN Indonesia, Rabu (21/4).

Iman mengungkapkan dalam menjalankan aksinya, modus yang mereka gunakan adalah dengan cara mencongkel pintu dan masuk ke dalam rumah kosong atau minimarket tersebut.

Disampaikan Iman, para pelaku ini juga tak memiliki target sasaran khusus dan hanya memilihnya secara acak. Namun, biasanya mereka baru beraksi di malam hari.

Baca: Viral Video Laki-Laki Pegang Bokong Jemaah Perempuan saat Salat, Netizen Geram

“Di-random saja. Lewat, digambar (dipetakan) melihat. Jadi lewat digambar, dia gambar dulu. Hasil gambarnya udah bisa dikerjakan, baru dikerjakan (dirampok),” ucap Iman.

Atas perbuatannya, dua pelaku perampok spesialis rumah kosong di Tangsel itu dijerat Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan. Kedua terancam hukuman pidana maksimal sembilan tahun penjara.

Baca: Bikin Geleng-Geleng, Mobil Limited Edition dengan Banderol Miliaran Rupiah Ludes Terjual di IIMS 2021

Lebih lanjut, Iman mengimbau kepada masyarakat yang meninggalkan rumah dalam keadaan kosong untuk melaporkan ke petugas keamanan setempat sehingga bisa dipantau.

Selain itu, kata Iman, masyarakat juga dimintai memperhatikan faktor keamanan di tempat tinggalnya.

“Kita sarankan pakai CCTV sehingga bisa antisipasi kejadian yang terjadi saat ini, sampaikan supaya bisa anggota kami di Polsek dengan patroli yang berjaga dengan keadaan tersebut,” kata Iman.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: CNN Indonesia

Comments
Loading...