Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Permintaan Kunjungan Banyak, Tapi Museum Kartini Jepara Tak Kunjung Dibuka

Subiyanto, Manajer Museum Kartini Jepara menata koleksi di ruang RA Kartini. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Selain Pendapa RA Kartini, Museum Kartini juga menjadi serpihan-serpihan sejarah tentang pahlawan nasional perempuan dari Jepara. Situs-situs bersejarah yang masih tersisa setidaknya mampu menjadi pemantik ingatan tentang RA Kartini.

Di Museum Kartini Jepara, puluhan peninggalan sejarah, baik asli atau repro, terawat dengan baik. Terutama foto-foto semasa RA Kartini hidup dalam perjuangannya.

Biasanya, saat peringatan Hari Kartini, museum itu sesak dengan pengunjung. Tidak hanya dari Jepara sendiri. Melainkan dari berbagai kota lainnya. Namun, karena pandemi, selama peringatan Hari Kartini ini museum terpaksa ditutup.

“Kalau pas peringatan Hari Kartini pasti pengunjungnya penuh. Melonjak dari hari-hari biasanya,” kata Subiyanto, Manajer Museum Kartini, Rabu (21/4/2021) saat ditemui di Museum Kartini.

Sementara itu, Ida Lestari, Kepala Bidang Kebudayaan pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Jepara menyatakan, sudah ada banyak surat masuk yang berisi permohonan kunjungan. Namun, dia tidak bisa menerimanya lantaran pemerintah masih belum mengizinkan museum dibuka.

“Kondisinya kan masih pandemi seperti ini. Jadi kami belum berani membuka untuk umum. Paling Sabtu dan Minggu. Itupun terbatas,” ujar Ida.

Terpisah, Bupati Jepara Dian Kristiandi menegaskan, pihaknya belum berencana membuka objek wisata, termasuk Museum Kartini, dalam waktu dekat. Meskipun pemerintah pusat dan provinsi sudah memberi lampu hijau untuk membuka objek pariwisata.

“Meskipun pemerintah pusat sudah mengizinkan membuka wisata, tapi saya masih ingin melihat angka kasus Covid 19 di Jepara. Saya enggak mau gegabah buka wisata kalau nanti ada klaster baru,” tegas Andi.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...