Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Gudang Ban di Sukoharjo Diamuk Si Jago Merah, Toyota Kijang Ikut Terbakar

Petugas pemadam kebakaran melakukan pendinginan setelah berhasil memadamkan api yang membakar gudang ban di wilayah Plumbon, Kecamatan Mojolaban, Sukoharjo, Selasa (20/4/2021). (Istimewa/Pemadam Kebakaran Sukoharjo)

MURIANEWS, Sukoharjo – Peristiwa kebakaran kembali terjadi di Sukoharjo. Kali ini, Si Jago Merah ngamuk di gudang ban di wilayah RT 02/RW 03 Desa Plumbon, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, Selasa (20/4/2021).

Dugaan sementara, kebakaran dipicu hubungan pendek arus listrik atau korsleting listrik. beruntung tidak ada korban dalam peristiwa tersebut, namun kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.

Apalagi, saat kebakaran terjadi, selain bangunan, kebakaran juga menghanguskan satu unit mobil Toyota Kijang.

Dikutip dari Solopos.com, kebakaran gudang ban itu terjadi sekitar pukul 12.00 WIB. Saat itu gudang dalam kondisi kosong dan hanya dipenuhi tumpukan bahan baku ban.

Secara tiba-tiba muncul asap mengepul yang diduga dari dalam gudang ban di Plumbon, Sukoharjo, yang terbakar. Warga di sekitar lokasi yang melihat kepulan asap langsung melaporkan kepada pemilik gudang yang rumahnya berada di Kota Solo.

Warga juga melaporkan kejadian ini ke pemadam kebakaran. Tak berapa lama terdengar suara ledakan dari dalam gudang tersebut. Sementara warga bersama-sama mencoba memadamkan api secara manual sambil menunggu petugas pemadam kebakaran tiba di lokasi.

“Saya dikabari ada kebakaran sekitar pukul 12.00 WIB dan langsung ke sini,” ungkap pemilik gudang ban, Nur Haryanto, 42.

Beruntung saat terbakar di dalam gudang di Plumbon, Sukoharjo, itu tidak ada orang. Di dalam gudang hanya terdapat ratusan tumpukan ban berikut bahan bakunya.

Selain itu ada satu unit mobil Toyota Kijang. “Mobilnya itu tidak ada aki. Jadi akinya saya lepas. Dipasang jika mobil akan dipakai,” katanya.

Ditanya berapa kerugian akibat kebakaran tersebut, Nur Haryanto mengaku belum bisa menghitungnya. Yang jelas satu unit mobil terbakar dan sebagian bangunan.

Kasi Pemadaman dan Invetigasi Pemadam Kebakaran Satpol PP Sukoharjo, Maryanto, mengatakan pemadaman api di gudang ban yang terbakar di Desa Plumbon dilakukan damkar Sukoharjo dibantu Kota Solo dan Kabupaten Karanganyar.

Kebakaran diduga terjadi karena korsleting atau hubungan arus pendek listrik. “Saat tiba di lokasi api sudah besar. Petugas langsung melokalisir kebakaran agar tidak merembet ke lainnya,” katanya.

Hingga kini tim belum bisa menghitung berapa kerugian akibat peristiwa ini. Kebakaran tersebut menghanguskan bangunan dan satu unit mobil.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Solopos.com

Comments
Loading...