Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Pati Sekarang Punya Sekolah Berkuda, Dengan Arena Berstandar Internasional

Atlet berkuda Yunior Pati sedang berlatih (MURIANEWS/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Pati- Setelah lama dinanti, kini Kabupaten Pati mempunyai sekolah berkuda.  Dengan nama Tamansari Equestrian Park, sekolah berkuda ini diresmikan Senin (19/4/2021) kemarin.

Pemilik Tamansari Equestrian Park, Abu Naim mengatakan, ini merupakan wahana latihan berkuda pertama di eks-karesidenan Pati. Bahkan, Wahana yang dia miliki mempunyai fasilitas yang cukup memadai.

“Tahap awal ini kami punya sembilan kandang dan empat kuda. Dalam waktu dekat akan kami tambah. Kami juga punya ground atau arena berstandar internasional yang menggunakan pasir khusus,” jelasnya, Selasa (20/4/2021).

Naim sendiri mempunyai pandangan yang jauh kedepan terkait sekolah berkuda ini. Selain untuk mengoptimalkan kemampuan para atlet, nantinya juga akan dikembangkan sebagai wahana wisata edukasi.

Sedangkan khusus untuk pengembangan atlet, pihaknya mengambil pelatih kepala yang berpengalaman, yakni Sardi Pranata. Sardi sendiri diketahui memiliki reputasi bagus di tingkat nasional. Sebagai atlet, Sardi pernah menjadi juara di PON di Kaltim pada 2008. Kemudian pernah menjadi juara di kejuaraan internasional di Rusia.

Untuk segmentasinya sendiri, sekolah berkuda ini memang tidak ada batasan usia. Anak-anak mulai dari usia enam tahun hingga lansia bisa berlatih di Tamansari Equistrian Park ini.

“Arahnya yang utama untuk menghasilkan atlet. Namun untuk orang dewasa bisa juga untuk sarana menjaga kesehatan dan berekreasi. Selanjutnya kami juga akan mengembangkannya ke arah eduwisata,” terangnya.

Abu Naim meyakini, berkuda dapat melatih sifat kepemimpinan, keberanian, tanggung jawab, dan kepercayaan diri.

“Itu keterampilan utama untuk menjadi kader-kader muda berprestasi,” tandasnya.

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Budi erje

Comments
Loading...