Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Pembayaran THR di Kudus Paling Lambat H-7 Lebaran, Surat Edaran Sudah Disebar ke Perusahaan

Para buruh di Kudus menghitung THR yang mereka terima, beberapa waktu lalu. (MURIANEWS)

MURIANEWS, Kudus – Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian, Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah (Disnaker Perinkop UKM) Kabupaten Kudus telah mengirimkan surat edaran kepada perusahan di Kota Kretek.

Surat edaran tersebut terkait pelaksanaan pemberian tunjangan hari raya (THR) 2021 yang merupakan kewajiban perusahaan terhadap karyawan/buruh.

Kabid Hubungan Industrial dan Persilisihan Tenaga Kerja pada Disnaker Perinkop UKM Kudus Agus Juanto mengatakan, pihaknya telah memberikan surat edaran kepada 150 perusahaan di Kudus beberapa hari yang lalu. Perusahaan juga diminta untuk melaporkan pembayaran THR keagamaan 2021 kepada dinas.

“Kami mengingatkan atas kewajiban perusahaan membayar THR, dan perusahaan pun pasti sudah memahaminya,” katanya, Selasa (20/4/2021).

Ia menjelaskan, THR keagamaan 2021 diberikan kepada pekerja yang telah memiliki masa kerja satu bulan terus menerus atau lebih. Baik bagi pekerja yang berstatus Perjanjian Kerja Waktu Tidak Tertentu (PKWTT) atau Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT).

“THR wajib dibayarkan paling lambat tujuh hari sebelum hari raya keagamaan,” ucapnya.

Aturan besaran pemberian THR juga sudah ditentukan. Bagi karyawan yang telah mempunyai masa kerja 12 bulan secara terus menerus atau lebih, maka diberikan sebesar satu bulan upah.

Sedangkan pekerja yang mempunyai masa kerja satu bulan secara terus menerus tetapi kurang dari 12 bulan, diberikan secara proposional. “Yakni dengan ketentuan masa kerja dibagi satu bulan masa kerja dibagi 12, dan dikali satu bulan upah,” pungkasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...