Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

TAUSIAH RAMADAN GUS BAHA

Gus Baha: Keseharian Nabi Muhammad Semua Jadi Ilmu

KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha dalam Tausiah Ranmadan bareng PR Sukun. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus –  Nabi Muhammad  SAW adalah seorang nabi dan rasul terakhir bagi umat muslim. Maka tak salah, semua tindak tanduknya adalah ilmu bagi umat-umatnya. Termasuk dalam hal perilaku kesehariannya.

KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau lebih dikenal dengan Gus Baha dalam Tausiah Ramadan 1442 PR Sukun edisi Senin (19/4/2021) juga menyampaikan hal yang sama. Termasuk keseharian Nabi Muhammad ketika sedang berpuasa.

“Suatu ketika ada sahabat yang penasaran dan bertanya pada istri-istri beliau, napa Rasulallah pas poso nate ngambung njenengan (apa Rasulullah saat puasa pernah mencium Anda),” cerita  Gus Baha.

Sahabat tersebut, lanjut Gus Baha, tampak membutuhkan kejelasan terkait apa hukumnya mencium istrinya ketika sedang bulan Ramadan. Karena secara garis besar, berpuasa adalah meninggalkan syahwat.

“Saat itu bertanya pada istri Maimunah, tapi dia menjawab tidak pernah, kemudian dia menyarankan untuk bertanya pada Aisyah. Sahabat tersebut lantas bertanya padanya dan dijawab pernah. Hanya, Nabi bisa mengendalikan dirinya, kata Aisya,” lanjut Gus Baha

Hal tersebutlah, lanjut Gus Baha, yang menjadikan salah satu kenangan para Sahabat Nabi bisa menjadi ilmu di masa yang sekarang.

Dalam tausiah sebelumnya, Gus Baha juga bercerita tentang betapa sederhananya kehidupan Muhammad SAW. Baik dalam hal perbuatan maupun hal menyiarkan ilmu-ilmu kebaikan tentang Islam. “Saking sederhananya, bisa dianut oleh semua umatnya,” ujarnya.

Tausiah Ramadan oleh Gus Baha ini disiarkan oleh channel Youtube MURIANEWS TV dan PR Sukun. Tausiah ini akan hadir setiap hari selama Ramadan pada pukul 17.15 WIB.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...