Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Seperti Apasih Liga Super Eropa Akan Digelar? Begini Penjelasannya

Liga Super Eropa. (AP Photo)

MURIANEWS, Kudus- Liga sepak bola baru yang digagas oleh 12 klub terkemuka di Eropa saat ini menjadi perbincangaan hangat. Pertentangan terhadap rencana ini bermunculan dari berbagai kalangan.

Terlepas dari semua itu, sebenarnya bagaimana Liga Super Eropa ini nantinya akan digelar? Gagasan ini sebelumnya tidak pernah se-nyata seperti saat ini, setelah 12 klub menyatakan persetujuannya, Minggu (18/4/2021).

Selama bertahun-tahun, pembicaraan tentang Liga Super Eropa telah diselimuti misteri. Namun perkembangan terbaru, telah mematik reaksi Liga Primer dan UEFA.

Liga Super Eropa rencananya akan diikuti oleh 12 klub pendiri ditambah 3 klub yang akan ditambahkan sebagai pendiri. Diluar itu masih ada 5 klub lagi, yang akan menggenapi jumlah peserta kompetisi menjadi 20 tim.

15 klub pendiri akan menjadi peserta tetap di Liga Super Eropa ini. Sedangkan 5 klub tambahan akan ditetapkan berdasarkan preforma dan prestasi di musim sebelumnya di masing-masing kompetisi domestic. Akan ada ‘mekanisme kualifikaso’ yang akan diterapkan.

20 tim akan dibagi menjadi dua grup yang terdiri dari 10 tim, dengan masing-masing tim dalam satu grup saling berhadapan di kandang dan tandang pada pertandingan tengah pekan.

Pada akhir fase grup, tiga teratas dari masing-masing grup akan langsung lolos ke perempat final.Sementara klub yang berada di posisi 4 dan 5 di masing-masing grub akan menjalani play-off untuk mengisi dua slot perempat final yang masih tersisa. Mulai perempat final dan seterusnya akan ada pertandingan knock-out dua leg, kandang dan tandang. Ini mirip dengan babak knock out di Liga Champions saat ini. Sedangkan untuk final hanya ada pertandingan tunggal di tempat netral.

Sejauh ini sudah ada 12 tim yang dikonfirmasi sebagai pendiri. Diantaranya termasuk klub-klub penghuni “enam besar” di Liga Premier. Mereka adalah Liverpool, Manchester United, Chelsea, Manchester City, Tottenham dan Arsenal.

Kemudian klub dari Spanyol, Barcelona, ​​Real Madrid dan Atletico Madrid  ditambah Juventus, AC Milan dan Inter Milan dari Serie A di Italia. Lalu, Bayern Muenchen, RB Leipzig dari Jerman dan Paris Saint-Germain dari Perancis, direncanakan menjadi 3 klub tambahan untuk masuk kategori klub pendiri.

Menurut para penggagasnya, Liga Super Eropa tidak akan menggantikan Liga Premier atau kompetisi liga domestik lainnya.Pertandingan akan diadakan pada pertengahan pekan sepanjang musim. Kompetisi tersebut rencananya berlangsung dari Agustus hingga Mei.

Sesuai rencana awal ini, Liga Super Eropa ini tidak akan memberlakukan system promosi degradasi. Terutama bagi klub-klub tambahan yang berjumlah 5, tidak ada jaminan untuk bisa mengikuti musim berikutnya.

Penulis: Budi erje
Editor: Budi erje
Sumber: independent.co.uk

Comments
Loading...