Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Duta Besar Ceko Dipameri Ganjar Produk UMKM Andalan Jateng

Gubernur Ganjar Pranowo menunjukkan produk UMKM Jateng. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Semarang – Duta Besar (Dubes) Ceko untuk Indonesia Jaroslav Dolecek menemui Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Senin (19/4/2021). Dalam kunjungan itu, Dubes Ceko dipameri sejumlah produk unggulan UMKM di Jateng.

Ini sengaja dilakukan untuk membuka kerja sama antara Ceko dan Jawa Tengah. Tak hanya produknya, para pelaku UMKM juga dihadirkan untuk menunjukkan aneka produk seperti kerajinan tangan, produk olahan makanan dan minuman, kopi, keramik dan aneka produk unggulan lainnya.

“Ini baru pertama saya mengajak pelaku UKM bertemu langsung dengan Dubes. Langsung saya minta datang, bawa produknya dan langsung pamerkan pada Dubes dari Ceko ini. Maka tadi pada semangat sekali menawarkan langsung, dan ternyata cara ini membuat pak Dubes tertarik sekali,” kata Ganjar.

Dengan cara itu, maka pertemuan tersebut tidak hanya membahas potensi kerja sama antara Ceko dan Jateng, namun juga bicara produk unggulan UKM di Jateng. Sehingga Dubes Ceko secara langsung bisa melihat beberapa produk UKM Jateng yang sudah merambah pasar ekspor.

“Saya ingat saat ke Polandia, saya menemukan kopi terkenal di sana, namanya Luwak Coffee dan Java Coffee. Itu kan dari Jawa Tengah semuanya. Makanya kalau kita bisa jualan di sana dengan produk potensial seperti handycraft, kopi, makanan olahan lain, tentu ini bisa sangat membantu,” tegasnya.

Sementara, Dubes Jaroslav Dolecek menungkapkan rasa puasnya atas pertemuan itu. Menurutnya, Ganjar mampu menerangkan potensi-potensi Jateng yang sangat baik sehingga bisa ditindak lanjuti untuk kerja sama.

“Saya merasa sangat impresif, sangat tertarik. Ini menarik bagi saya, Dubes Ceko, Kementerian saya dan seluruh business man (pebisnis) dan orang-orang yang akan datang ke sini. Ini akan menjadi masa depan yang baik kalau kita bisa kerja sama,” kata Jaroslav.

Jaroslav menerangkan, ada banyak potensi yang bisa dikerjasamakan antara Ceko dengan Jawa Tengah. Di antaranya potensi bisnis di bidang energi terbarukan, infrastruktur, tourism, pendidikan, kerja sama orang perorang dan lainnya.

“Apalagi saat diskusi ada banyak produk yang dibawa, seperti makanan, minuman dan lainnya. Menurut saya produk-produk itu sangat bagus dan cocok untuk Ceko, hanya butuh distributor yang mengirimkan produk ini ke sana,” pungkasnya.

Sementara itu, salah satu pelaku UKM yang diajak Ganjar menemui Dubes Ceko itu, Siniarsana mengatakan sangat senang bisa difasilitasi bertemu langsung dengan Dubes Ceko. Apalagi, dalam pertemuan itu ia bisa membawa produknya dan menawarkan secara langsung.

“Produk saya sendiri ada Carika, Garang Asem dan aneka olahan makanan lain yang selama ini sudah ekspor ke Jerman,” ujar Siniarsana.

Gayung bersambut, upaya Ganjar itu tak sia-sia. Usai pertemuan itu nantinya pihak Kedubes Ceko di Jakarta akan membantu para pelaku UKM untuk melakukan penetrasi produknya di Pasar Ceko.

“Setelah pertemuan ini, kami nanti akan dibantu Kedubes Ceko di Jakarta untuk penetrasi ke Pasar Ceko,” pungkasnya.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...