Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Lawan Keterbatasan, Penyandang Disabilitas di Jepara Dirikan UMKM Herbal

Salah satu penyandang dissabilitas di Jepara sedang mengolah produk herbal. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Kondisi tubuh dengan keterbatasan tidak menyurutkan semangat hidup sejumlah penyandang disabilitas di Bumi Kartini Jepara. Dengan tekun, mereka sukses membuka usaha sendiri.

Adib Budiono, Ketua Sahabat Difabel Jepara menyatakan, ia bersama belasan penyandang difabel lainnya, sudah dua tahun mengembangkan usaha mandiri. Mereka sukses berkreasi dengan membuat minuman berbahan baku herbal.

Selain minuman herbal, Adib dan kawan-kawannya juga membuat pengharum ruangan, sampo, deterjen, sabun cair, dan handsanitaizer.

“Produk-produk yang kami buat ini berbahan baku tanaman-tanaman herbal. Saya libatkan teman-teman sesama penyandang dissabilitas,” kata laki-laki yang beralamat di Desa Ngabul, Kecamatan Tahunan Jepara ini.

Setiap harinya, lanjut Adib, untuk memproduksi minuman herbal sebanyak 800 botol, dia membutuhkan minimal delapan orang. Namun, biasanya dia tetap memproduksi sesuai pesanan yang masuk.

Tidak hanya di dalam Kabupaten Jepara, konsumen produk-produknya juga banyak dari luar kota.

Dari sekian produk hasil kreasinya, bagi Adib, sirup herbal menjadi paling laris di pasaran. Sirup ini dibuat dari beragam rempah-rempah. Seperti jahe, kencur, dan rempah-rempah lokal lainnya.

“Kami memang sengaja gunakan bahan baku herbal. Pastinya aman dan menyehatkan. Dan pelanggannya juga sudah banyak yang dari luar kota juga,” imbuh Adib.

Satu hal yang menjadi prinsip Adib dalam memproduksi aneka olahan herbal ini adalah tidak menggunakan bahan pengawet. Namun begitu, produk-produknya dipastikan bisa bertahan sampai dua bulan lebih.

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...