Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

FA Inggris dan UEFA Mengutuk Rencana Digelarnya Eueropean Super League

grafis ESL (@theMadridZone)

MURIANEWS, London- Menyusul adanya rencana digulirkannya Eueropean Super League (ESL) oleh 12 klub terkemuka di Eropa, memicu beragam reaksi di Eropa. FA (Asosiasi Sepak Bola Inggris), Liga Premier dan UEFA (Federasi Sepak bola Eropa) bahkan menyatakan ketidak setujuannya atas rencana ini.

Melalui pernyataan resmi yang diungah di laman independent.co.uk, FA mengutuk rencana dibentuknya ESL itu. Kompetisi ini dipastikan akan mengahiri Liga Champions UEFA. ESL direncanakan akan menggunakan format kontroversial,  yang akan memberikan akses terlindung untuk12 klub pendirinya.

Manchester United, Liverpool, Arsenal, Chelsea dan Tottenham Hotspur, adalah klub-klub Inggris yang akan bergabung. Sementara posisi Manchester City masih belum jelas hingga sekarang.

Dalam hal ini FA atau Liga Premier Inggris dalam pernyataan resminya menilai ESL diyakini akan “menghancurkan” tujuan kompetisi sepak bola terbuka. Konsep ESL akan merusak daya tarik dari keseluruhan pertandingan, dan memiliki dampak yang sangat merusak pada prospek Liga Premier dan klub anggotanya.

“Fans dari klub manapun di Inggris dan di seluruh Eropa saat ini dapat bermimpi bahwa tim mereka dapat naik ke puncak dan bermain melawan yang terbaik. Kami percaya bahwa konsep Liga Super Eropa akan menghancurkan mimpi ini,” ujar FA dalam peryataan resminya seperti yang dilansir independent.co.uk.

Selain FA (Asosiasi Sepak Bola Inggris) dan Liga Premier, FA Spanyol, La Liga, FA Italia dan Serie A, UEFA (Federasi Sepak Bola Eropa) juga ‘mengutuk’ apa yang mereka sebut sebagai “proyek sinis” ini. UEFA mengancam akan melarang klub-klub peserta ESL untuk ikut bergabung di kompetisi domestik yang ada.

“Kami akan mempertimbangkan semua tindakan yang tersedia bagi kami, di semua tingkatan, baik peradilan dan olahraga untuk mencegah hal ini terjadi. Sepak bola didasarkan pada kompetisi terbuka dan prestasi olahraga; tidak bisa dengan cara lain. Klub yang bersangkutan akan dilarang bermain di kompetisi lain di tingkat domestik, Eropa atau dunia, dan pemain mereka dapat ditolak kesempatannya untuk mewakili tim nasional mereka,” demikian pernyataan UEFA.

Penulis: Budi erje
Editor: Budi erje
Sumber: independent.co.uk

Comments
Loading...