Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Ciptakan Pembatik Baru, Balai Diklat Industri Jakarta Gandeng Tere Batik Kudus

Pelatihan membatik di aula LIK Kudus, Senin (19/4/2021). (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Balai Diklat Industri Jakarta Kementerian Perindustrian Republik Indonesia menggandeng Tere Batik Kudus untuk mengadakan pelatihan membatik. Pelatihan itu dibuka, Senin (19/4/2021) hari ini di Lingkungan Industri Kecil (LIK), Desa Megawon, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus.

Pelatihan itu sebagai bentuk melestarikan pembatik di Kudus. Sunardi, Plt Kepala Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian, Koperasi, dan UKM Kabupaten Kudus mengatakan, pelatihan batik itu untuk melestarikan SDM pembatik. Sehingga batik tulis Kudus bisa berkembang.

“Untuk meningkatkan keterampilan dan SDM pembatik. Tujuannya untuk mengembangkan batik tulis yang lebih baik sesuai identitas Kudus,” katanya, Senin (19/4/2021).

Menurut Sunardi, sebanyak 100 peserta  pelatihan yang berasal dari Kudus itu diharapkan bisa meningkatkan perekonomian masing-masing. Selain itu untuk menciptakan lapangan pekerjaan baru.

Sementara itu, Pengelola Tere Batik Kudus Teresia Leony mengatakan, kegiatan tersebut untuk mencari pembatik andal. Supaya dapat dipekerjakan di galeri batiknya.

“Nantinya bisa juga bekerja di galeri batik lainnya di Kudus. Untuk anggaran pelatihannya dari Balai Diklat Industri Jakarta Kementerian Perindustrian Republik Indonesia,” terangnya.

Selain itu, menurut Tere dengan adanya pelatihan membatik dapat menciptakan pembatik baru. Sehingga di Kudus tidak kekurangan pembatik.

“Harapannya tentu bisa melestarikan batik tulis Kudus agar lebih berkembang lagi,” harapnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...