Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

TAUSIAH RAMADAN GUS BAHA

Gus Baha: Nabi Muhammad Itu Hidupnya Sederhana, Hingga Mudah Dianut Semua Umatnya

KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau lebih dikenal dengan Gus Baha dalam Tausiah Ramadhan 1442 PR Sukun menceritakan jika Nabi Muhammad SAW semasa hidupnya sangatlah sederhana.

Baik dalam hal perbuatan maupun hal menyiarkan ilmu-ilmu kebaikan tentang Islam. “Saking sederhananya, bisa dianut oleh semua umatnya,” ucap Gus Baha, Minggu (18/4/2021).

Gus Baha mencontohkan, dalam menjalankan salat saja, Nabi Muhammad tidak memiliki ruangan yang khusus. Beliau, lanjut Gus Baha hanya salat di kamar tempat dia tidur.

“Tidak neko-neko seperti sekarang yang ada ruangan khususnya, Nabi hanya di kamar, di ranjang tidurnya,” kata dia.

Begitu pula ketika Nabi Muhammad mengajarkan ibadah haji, yang saat itu diikuti sekitar 114 ribu jamaahnya. Nabi Muhammad, cerita Gus Baha, hanya menyampaikan untuk mengikuti apa yang dia lakukan.

“Dan jamaah waktu itu juga hanya mengikuti, melihat tiap gerak dari Nabi lalu mempraktikkannya,” sambung dia.

Dalam tausiah sebelumnya, Nabi Muhammad SAW juga memerintahkan semua sahabat yang salat berjamaah dengannya untuk memperhatikannya. Memang tidak khusyuk, tapi akhirnya ilmunya tersampaikan.

“Saat itu sumber ilmu salat kan dari nabi, jadi para sahabat yang menjadi makmum salatnya selama salat terus memperhatikan tiap gerakan salat nabi,” ucap Gus Baha.

Para sahabat, lanjut Gus Baha, selalu memperhatikan detail gerakan Nabi Muhammad. Untuk kemudian, mereka akan pulang dan menjadi imam di tempatnya.

“Karena inilah zaman dulu sering sekali sahabat Nabi salat dua kali dalam satu waktu, ya karena untuk menyebarkan ilmu itu,” jelasnya.

Dalam tausiah sebelumnya, Gus Baha juga telah menyampaikana jika sebuah ilmu haram hukumnya jika disembunyikan. Ilmu kebaikan, kata Gus Baha, hakekatnya adalah untuk disebar. Sehingga ilmu tersebut bermanfaat dan tersebar rata.

Tausiah Ramadan oleh Gus Baha ini disiarkan oleh channel Youtube MURIANEWS TV dan PR Sukun. Tausiah ini akan hadir setiap hari selama Ramadan pada pukul 17.15 WIB.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editir: Supriyadi

Comments
Loading...