Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Legenda Tinju Indonesia, Albert Papilaya Meninggal Dunia

Albert Papilaya disaat masih aktif bertinju. (KOMPAS/HASANUDDIN ASSEGAFF)

MURIANEWS, Ternate- Dunia olahraga nasional, khususnya dunia tinju, kehilangan salah satu tokoh legenda. Mantan petinju Albert Reinhard Papilaya, atau yang lebih dikenal dengan Albert Papilaya, meninggal dunia pada Minggu (18/4/2021) dinihari tadi.

Albert Papilaya, dikabarkan meninggal dunia pada jam 00.45 WIB atau O2.45 WIT, setelah sebelumnya mendapatkan perawatan di RSUD Dr.H Chasan Boesoerie, Ternate, Maluku Utara. Mantan atlet tinju nasional ini meninggal pada usia 53 tahun.

Sebelum meninggal, Albert sempat mendapatkan perawatan di IGD RSUD Dr H Chasan Boesoerie. Papilaya mendapatkan perawatan intensif di IGD rumah sakit tersebut.

Sebagai atlet tinju, Albert pada masa jayanya memiliki sejumlah prestasi hebat. Prestasi paling luar biasa yang diraihnya adalah saat mampu masuk ke perempat final Olimpiade 1992 di Barcelona, Spanyol.

Di Olimpiade Barcelona 1992, Albert Papilaya turun bertanding di kelas 75 kg. Sebagai petinju amatir, dirinya juga tercatat pernah meraih beberapa prestasi di kejuaraan nasional dan internasional.

Petinju kelahiran Tobelo, Maluku Utara, 15 September 1967, tercatat mengoleksi empat medali emas di Pekan Olahraga Nasional (PON), tujuh medali emas SEA Games dan juga meraih juara di ajang Tinju Piala Presiden.

Usai gantung sarung tinju, Albert Papilaya kemudian berdinas di Polda Metro Jaya menjadi anggota Polri. Pangkat terakhir yang disandangnya sebagai anggota Polri adalah Komisaris Polisi (Kompol).  Terakhir, Albert Papilaya memilih pulang ke kampung halamannya di Jailolo, Halmahera Barat, Maluku Utara, pada Maret lalu.

Selamat jalan Bung Albert Papilaya, doa kami untuk anda.

Penulis: Budi erje
Editor: Budi erje
Sumber: cnnindonesia.com

Comments
Loading...