Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Fabio Quartararo Rebut Pole Position, Marquez Start Dari Posisi Enam

Pembalap Tim Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo , meraih Pole Position di MotoGP Portugal. ((kompas.com/ KARIM JAAFAR)

MURIANEWS, Portimao- Kualifikasi MotoGP Portugal yang digelar di Sirkut Algarve, Portimao, Portugal, selesai dilakukan Sabtu (17/4/2021) WIB malam. Dari hasil Kualifikasi itu, pembalap Fabio Quartararo berhasil meraih Pole Position.

Pembalap Tim Monster Energy Yamaha ini  mencatatkan waktu tercepat dalam sesi kualifikasi. Di urutan berikutnya aka nada Alex Rins (Suzuki Ecstar) dan Johann Zarco (Pramac Racing).  Sementara itu, pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, akan start dari posisi keenam.

Pada awal kualifikasi MotoGP Portugal 2021,  Joan Mir (Suzuki Ecstar) dan Marc Marquez (Repsol Honda) bersaing sengit sepanjang empat menit pertama sesi kualifikasi 1 (Q1).  Keduanya harus melewati Q1 bersama sejumlah pebalap lainnya termasuk Valentino Rossi karena gagal tembus 10 besar dalam klasemen gabungan sesi latihan bebas.

Saat kualifikasi berjalan tujuh menit, Marc Marquez sukses menjadi yang terdepan dengan catatan waktu 1 menit 39,253 detik.  Sementara itu, Joan Mir menempel ketat di posisi kedua dengan catatan 1 menit 39,399 detik.  Pada periode yang sama, Valentino Rossi (Petronas Yamaha SRT) berada di urutan ketujuh.

Tiga menit menjelang berakhirnya Q1, Marc Marquez dan Joan Mir masih menguasai dua posisi terdepan.  Adapun adik kandung Marc Marquez, Alex Marquez (LCR Honda), berada di urutan ketiga.  Marc Marquez dan Joan Mir pun memastikan tiket ke kualifikasi 2 (Q2) setelah berhasil mengamankan posisi mereka di barisan paling depan.

Keduanya bergabung dengan 10 pebalap lainnya di Q2 untuk bersaing demi pole position atau tempat pertama saat memulai balapan esok hari.  Aleix Espargaro (Aprilia Racing Team) memimpin saat Q2 berjalan lima menit.  Namun, keunggulan itu tak bertahan lama usai Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) mengejar catatan waktu Espargaro.

Pada periode tersebut, Quartararo menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 1 menit 39,028 detik.  Pada saat yang sama, Aleix Espargaro merosot ke urutan keempat usai disalip Francesco Bagnaia (Ducati) dan Joan Mir.

Pada flying lap terakhir, Francesco Bagnaia secara mengejutkan berhasil mengejar catatan waktu Fabio Quartararo dan melesat ke posisi pertama.  Sementara itu, Marc Marquez mengakhiri sesi kualifikasi di urutan keenam.

Kendati demikian, waktu lap Bagnaia dibatalkan pada menit-menit akhir Q2 lantaran pelanggaran terhadap ketentuan bendera kuning, dan harus kehilangan pole position.  Fabio Quartararo akhirnya yang akan mengawali balapan Minggu (18/4/2021) malam ini dari posisi terdepan. Sementara Bagnaia start dari posisi ke-11.

Hasil kualifikasi MotoGP Portugal 2021 :  1. Fabio Quartararo 2. Alex Rins 3. Johann Zarco 4. Jack Miller 5. Franco Morbidelli 6. Marc Marquez 7. Aleix Espargaro 8. Luca Marini 9. Joan Mir 10. Miguel Oliveira 11. Francesco Bagnaia 12. Maverick Vinales 13. Alex Marquez 14. Pol Espargaro 15. Brad Binder 16. Enea Bastianini 17. Valentino Rossi 18. Danilo Petrucci 19. Iker Lecuona 20. Lorenzo Savadori 21. Takaaki Nakagami

Penulis: Budi erje
Editor: Budi erje
Sumber: kompas.com

Comments
Loading...