Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Belum ada Sepekan, Pendaftar BPUM di Pati Capai 1.305 Pelaku Usaha

Pelaku UMKM Pati melengkapi berkas untuk mendapatkan Banpres Produktif, beberapa waktu lalu. (MURIANEWS/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Pati – Meski belum ada sepekan sejak dibukanya pendaftaran Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) pada 12 April 2021 lalu, jumlah pendaftar sudah mencapai 1.305 pelaku UMKM. Dimungkinkan, jumlah pendaftar akan terus bertambah hingga prosesnya berakhir.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (DinkopUMKM) Kabupaten Pati Wahyu Setyawati mengatakan, pendaftar BPUM ini tergolong banyak.

“Kuotanya sendiri terbatas, sementara yang ingin mendapatkan bantuan itu cukup banyak. Yang belum mendapatkan tahun lalu, rata-rata mengajukan di tahun ini,” katanya, Sabtu (17/4/2021).

Ia mengakui banyak masyarakat yang menanyakan keberlanjutan program BPUM ini. Sekali pun tahun ini nominalnya berkurang 50 persen dari tahun lalu, tetapi setidaknya itu dapat membantu pelaku UMKM di masa pandemi ini.

Pihaknya juga tidak bisa memastikan terkait siapa nanti yang akan mendapatkan bantuan tersebut. Sebab, kewenangannya tetap berada di pemerintah pusat.

Pihaknya hanya membantu mengusulkan nama atau pelaku usaha yang berhak mendapatkan.

Lebih labjut, pihaknya juga tidak bisa menentukan apakah yang sudah mendapatkan BPUM pada 2020 akan mendapatkan lagi atau tidak. Sebab pihaknya juga tidak mengetahui mana saja pelaku usaha yang sudah pernah mendapatkan bantuan tersebut.

“Kami hanya verifikasi berkas, apakah pendaftar pernah dapat sebelmnya atau tidak, kami tidak tahu. Yang tahu mereka sendiri. Kalau kemudian kami ini mendaftar lagi, tetap akan kami terima,” terangnya.

Kendati demikian, pihaknya tetap berharap agar pelaku usaha yang sudah mendapatkan BPUM tersebut, memberikan kesempatan kepada yang belum mendapatkan bantuan.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...